Wednesday, October 16, 2013

Ied Adha and LABO5 Welcome Party!

Hari ini Idul Adha, saya skip kelas pagi (kelas japanese) buat pergi ke Toyokawa, Ibaraki, utaranya Osaka Daigaku. Sepedaan di tengah gerimis, anak anak dr dorm belok ke Handai buat ngejar shuttle bus, tp saya lurus terus ke Handaibyoin. Ngga bilang-bilang makanya mereka bertanya-tanya saya kemana. Saya cuma bilang ke Tao aja tentang hari ini. Sampai Handaibyoin saya parkir sepeda dan naik Osaka Monorail ke stasiun Toyokawa (cuma satu stasiun aja). Sampai Toyokawa, hujan rintik-rintik melanda, saya tapi tetep jalan bergantungkan pada map yang saya gambar sendiri._. Untung aja walaupun aga detour, tapi saya sampai juga tepat waktu ke Ai-senta, dekat dengan Masjid Ibaraki. Di lantai 3 Ai-senta, semua islam yang tinggal di daerah kita-Osaka berkumpul. Tidak banyak, hanya 3 shaft untuk wanita dan 6/7 shaft untuk pria. Pertama kalinya solat hari raya seperti jamaah solat biasa. Tapi entah mengapa saya merasa sekali perbedaan saat saya solat, feelnya terasa sekali, karena saya merasa senang tetap bisa berkumpul walaupun di negeri minoritas muslim.

Recently Updated1

Setengah dari jamaah yang datang semuanya Indonesia, tp saya ngga terlalu mood untuk menyapa semuanya, haha cuma menyapa yang disekitaran aja._. Banyak ternya Indonesia di Jepang. Iyalah harus, dulu kan udah dijajah 3 tahun (hubungannya?)

Pulang dari Idul Adha, saya ke kampus lagi, masuk kelas Studio sampai sore, dan lalu ngebantuin anak-anak LABO5 yang lagi menyiapkan makanan buat welcome party! Yohooo~ ada Inari (nasi yang dibungkus sama Aburage (deep fried tofu)) trus Nabe (sup jepang) didalem potnya, Donabe. Onigiri (salmon), Cookies, calbis, orange juice, dan salty edamame!  So simple dishes, but very delicious! Idul Adha ngga makan bareng keluarga atau muslim lain, tp untunglah, berbarengan sama welcome party buatku, jdnya pas :DD Semua orang di LABO5 baik baik dan berusaha maksimal buat bisa berkomunikasi sama saya dengan lancar hahaha pake media kertas kek kamus kek hand gesture kek hahaha. I was so happy and glad! \:D/

japan

Jam 8.30pm, Angela, temen dorm datang ke LABO5 jemput saya. Kita emang udah janjian pas lunch buat pulang bareng, karena udah malam dan cuaca lagi ngga bersahabat. Untunglah dia dateng soalnya ga inget waktu banget karena ngobrol. Dan malem itu hujan cukup lebat. 20 menit bersepeda ke Tsukumodai yang biasanya capek, jadi capek 2x lipat karena khawatir, keujanan dan kecapean gowes cepet-cepet :( Walaupun akhirnya basah kuyup, yah tapi hari ini tetap senang, dan jadi pengalaman pulang malam hujan hujan kehujanan.___. ngga mau lagi.

Bicara tentang Muslim di pandangan orang-orang non muslim, mereka ternyata sudah tau banyak, beberapa orang yang bicara dengan saya tahu jelas kalau kita harus ibadah setiap hari, 5x sehari, tapi mereka tidak tahu detilnya, jam berapa sampai berapa, dan syok begitu tahu itu. Berat banget ya~ hahaha yang tau itu kebanyakn non-Japanese, kaya teman teman dorm atau anak Lab yang non-Japanese, anak Lab sebenernya juga uda pengalaman karena sebelumya mba Ais dan Fadila juga di LABO5. Tapi orang Jepang pada umumnya, malah gatau banget  tentang Islam. Kalau menjelaskan ke foreign non Japanese, mereka cepat paham tapi ngga paham kenapa. Kaya hari ini saya ditanya kenapa menyembelih kurban? dan jleb, saya bingung menjelaskannya, sepertinya harus belajar lagi agar bisa menjelaskan ke orang-orang awam, jd akhirnya saya cuma jawab ya begitulah.__.

Masalah solat juga, seorang foreign yang emg aga aga (?) udah menyuruh saya pindah aja ke agamanya, ngga perlu bangun tiap hari jam 5~ ngapain ngapain. Dan saya baru sadar mereka semua berfikir, hidup ini ya hidup saja, tanpa alasan tanpa tujuan. Mereka tau surga neraka tapi gayakin tentang itu, ga peduli juga kenapa mereka bisa ada saat ini. Mereka yang punya agama tapi ngga menjalankan, cara pikirnya sama dengan mereka yang tidak punya agama. hahaha lucu tapi jadinya. saya cuma ketawa tawa aja._. seorang anak Lab (non-japanese) juga mengajak saya diskusi tentang hijab, dia berpikir ngga fair bagi dia kenapa wanita pake, pria engga. saya udah menjelaskan karena wanita lebih atraktif makanya harus ditutup, tapi akhirnya pembicaraan berakhir saat saya bilang buat saya sih fair, makanya saya pake :) Saya bukan Muslim yang bener banget juga sih.___. makanya kadang-kadang saya suka ngerasa aduh, harusnya ngga gini, ngga gitu, harus belajar lagi, biar bisa jadi makhluk yang lebih baik untuk diri sendiri dan oranglain. Harus yakin juga, kenapa km begini, begitu? alasannya kadang saya juga aga susah menjawabnya, cuma bisa jawab because of my believe, my religion. Cukup memang untuk mengakhiri pertanyaan (kecuali dia sangat penasaran dan jd bertanya lebih jauh) tapi kalau ada jawaban yang lebih baik mungkin ?

No comments:

Post a Comment