Thursday, February 7, 2013

Another Green House Competition Entry

Tahun lalu saya pernah mengikuti kompetisi yang sama persis bersama teman saya, temanya sustainable green house, bahkan tor dan segala rupanya sama, namun hanya berbeda penyelenggaranya. Kali ini penyelanggaranya Propan, sebuah merk cat/coating. Dan saya ikut atas nama sendiri bukan team.

posterposter

Saya tahu, sebenarnya dalam kompetisi yang paling pertama dicari ialah inovasi dalam sebuah desain. Pemikiran yang berbeda dan unik yang melahirkan sebuah konsep yang menawan (?haha bahasa saya) walaupun penyelesaian desainnya sepertinya sama saja dengan pada umumnya, tp jika bisa disajikan dengan konsep yang menawan tersebut, hasilnya akan luar biasa.

Beda sekali dengan jika kita turun ke lapangan, bekerja sebagai praktisi, saya menemukan bahwa konsep tidaklah penting, entah nomor keberapa. Dan saya mengakui saya tidak begitu ahli menciptakan konsep yang menawan, yang biasa saya lakukan sebagai konsep ialah mencari masalah dan menyelesaikannya, itulah konsep saya.

Jadi, saya hanya memberi nama rumah ini Rumah Hijau Urban. Karena penyelesaian desainnya menggunakan arsitektur hijau dan letak rumahnya berada di urban dengan masalah masalah urban, privasi tinggi, kesadaran thdp lingkungan rendah dll.

Yang menurut saya sebuah kemajuan untuk saya ialah, saya berusaha menjelaskan/memamerkan semua yang ada diotak saya kedalam outputnya. Karena biasanya kalau untuk sayembara saya tidak pernah seserius jika menegerjakan studio (hihi).

Doa untuk diri saya saja, pengumuman belum keluar, saya tidak berharap banyak, karena sayembara buat saya hanya ajang latihan dan pembiasaan diri dalam mendesain, tapi saya tetap berharap hasil yang membanggakan :)

No comments:

Post a Comment