Thursday, May 17, 2012

Simply Flower Brooch | Cara Membuat Bros Bunga Sederhana

Long weekend bukan berarti ngga produktif, walaupun merupakan waktu yg tepat untuk mager (malas gerak) dan balas dendam dengan hibernasi, tapi saya mencoba ngga seperti itu di liburan 1 minggu ini.

nah kemarin malam saya mengundang teman baik saya yang cinta craft ms. word -> Afifah Muthiah untuk menginap bareng, curhat wanita,ngurusin KP, dan juga berkreasi ! :D

dari acara nginap semalam, saya jd mendapatkan ilmu baru dari iffa yang diadopsi dari dunia maya yaitu cara membuat simply flower brooch (bros bunga sederhana),

pertama bahan dan alat yang dibutuhkan :



kain (jenis kainnya yang lemas, yang saya pakai lupa namanya tapi harganya sekitar 5000 permeter) pakai kain sisa juga bisa, dan kain bermotif juga pasti akan lebih bagus.
kain dipotong memanjang kira-kira 5-6 cm dikali 100 cm (sesuai kebutuhan sih mau bunga besar atau kecil)

trus gunting kain, benang, jarum dan peniti untuk bros. (tambahannya kain yang aga tebal sedikit  untuk bagian belakang) dan lem uhu

cara membuatnya;


bagian ujung kain yang jaitannya ngga rapi dilipat sedikit



lalu kainnya dilipat memanjang jadi dua



setelah itu ambil alat jahit dan jahit bagian bawah dengan teknik jait jelujur (masuk dan keluar)
jahit terus sampai ujung, ujung satunya jangan lupa dilipat juga trus dijait supaya rapi



kalau udah dijait sampai ujung, sebelum benang jaitnya diikat, kainnya aga dirapat renggangkan supaya menghasilkan efek bunga. setelah sesuai panjang dan modelnya, baru ikat benangnya yang kuat. 

nah kalo udah jadi selanjutnya tinggal dirangkai dan di lem. Krn kmrn belum punya bahan untuk bagian belakang saya lanjutkan tadi sore dengan bantuan teman baik saya yang lain, Perwitasari untuk jadi model saya. 


jadi yang dipakai ialah pola kain yang sudah dijahit, kain flanel yang dipotong melingkar radius sesuai hati, gunting , lem dan peniti. 


lem kain flanel lingkaran dan buat jadikan flanelnya sebagai alas bunganya.


susun terus melingkar


sampai selesai, bagian ujungnya dimasukan ke bagian tengah, pokonya disusun serapi dan secantik mungkin sampai ngga keliatan jaitannya


terakhir bagian belakang tempel pakai peniti (bisa pakai lem atau dijait)

dan voila !


ini dia simply flower brooch kain buatan saya, atas bantuan Iffa dan Wita ;)
terimakasih guru Iffa, kata dia, " internet mengajarkan ku segalanya,"

selamat mencoba ! :)


7 comments:

  1. Replies
    1. laah buat sendirilah ben, haha, kan ada tutorialnya :D atau minta buatin (....) ._.
      aku kmrn baru mampir blogmu juga liat video dismes ! haha kocaaak ! XD

      Delete
    2. haha mintaaa buatiiin siapaaaa :O
      ah buset dah
      malu itu huhu

      Delete
    3. yadah dibuatin tapi bayar yaa :) hehe emg buat siapaa??ciye

      Delete
  2. tutorialnya jelas banget sist,, :))
    trankyuu yaa

    ReplyDelete