Tuesday, May 19, 2015

Ayo Sekolah ke Jepang! INPEX Scholarship 2015 :D

Puji syukur, Alhamdulillah, akhir Januari 2015 kemarin, saya menjadi salah satu kandidat penerima beasiswa INPEX Scholarship 2015. Dan Maret 12, secara resmi saya adalah satu dari 3 penerima beasiswa tersebut. InsyaAllah untuk periode ini 3 orang penerimanya akan berangkat di buan September 2015. Dan disini, saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya mengikuti beasiswa ini. Karena diterima beasiswa ini, saya memutuskan untuk berhenti bekerja dari pekerjaan saya sebelumnya di salah satu perusahaan swasta setelah bekerja selama 6 bulan. Jadi saat ini saya bisa dibilang pengangguran yang sedang belajar bahasa (bahasa Jepang tentunya) dan punya banyak waktu luang untuk menulis lagi :D

Jadi, saya akan jelaskan terlebih dahulu, apa itu INPEX Scholarship? Ini adalah salah satu beasiswa untuk studi S2 atau master degree di negara tujuan khusus Jepang. Beasiswa ini di danai dari perusahaan INPEX. Nah, sebelumnya saya akan cerita singkat dulu apa itu INPEX Corporation. Karena ini sangat penting, pertanyaan yang buat saya pesimis diterima karena tidak bisa menjawab dengan tepat saat ditanya apa itu INPEX. INPEX ialah perusahaan yang bergerak di bidang oil and gas, di Indonesia INPEX dulunya bernama Indonesia Petroleum, Ltd. Di web resminya, http://www.inpex.co.jp/ juga saat wawancara disebutkan bahwa INPEX Corporation merupakan perusahaan penyedia minyak dan gas bumi terbesar di Jepang. Mungkin untuk orang Indonesia awamnya tidak mengetahui perusahaan ini, karena walaupun perannya sangat besar disini, namun INPEX tidak memiliki pom bensin di Indonesia, sehingga banyak yang tidak mengetahui mengenai perusahaan ini.

Nah, INPEX Scholarship merupakan salah satu program yang dikeluarkan INPEX corporation kepada pelajar Indonesia yang berminat meneruskan pendidikan S2 di Jepang di bidang Natural Science (IPA). Karena destinasinya hanya untuk pelajar dari Indonesia, kesempatannya jadi lebih besar bukan? :) 

Beasiswa ini diberikan untuk maksimum 3 orang setiap tahunnya. Beasiswa INPEX ini merupakan besiswa yang memberikan dana cukup besar dan lengkap jika dibandingkan dengan beasiswa Jepang lainnya.
Untuk penerima beasiswa ini, apa aja sih yang akan INPEX Scholarship cover? 
  1. Biaya pendidikan penuh, dari uang ujian masuk, pendaftaran, hingga spp tiap bulan hingga lulus. Mereka pun bertindak sebagai wali kita, sehingga urusan tuition feepun mereka yang mengurus :)
  2. Biaya hidup 160,000 JPY perbulan yang jika dikurs dirupiah sekitar 17 juta rupiah.
  3. Biaya perjalanan akademis sampai 100,000 JPY per tahun.
  4. Biaya saat sampai di Jepang, 60,000 JPY
  5. Tiket PP Jakarta-Tokyo
  6. Biaya les bahasa Jepang 6 bulan, belajar bahasa Jepang di Indonesia-pun akan direimburse.
Alhamdulillah dan InsyaAllah dengan itu semua bisa kok bertahan disana, menurut pengalaman saya dulu saat student exchange yang diberi 80,000 JPY per bulan. Dengan hemat cermat bisa survive dan masih dengan bawa pulang beberapa yen uang sisa dan sudah bisa jalan jalan dari utara ke selatan Jepang :D 
Untuk durasi beasiswa yang diberikan ialah 2 tahun 8 bulan maksimal, jadi jangan main-main kuliahnya, harus lulus ujian masuk, dan lulus kuliah tepat waktu! karena ngga tanggung-tanggung beasiswanya bisa diputus ditengah tengah kalau prestasi kita jelek saat kuliah (ini maksudnya bicara sama diri saya sendiri :')
Nah, untuk persayaratannya, bisa dibaca cepat di bawah ini:
  1. Usia kurang dari 30
  2. Sarjana dari bidang Natural Science (IPA) dari universitas bereputasi baik di Indonesia.
  3. Berminat untuk S2 di Jepang di bidang Natural Science.
  4. Sudah atau akan diterima di salah satu universitas di Jepang*
  5. IPK diatas 3.0
  6. Sehat jasmani dan rohani
  7. Berminat dengan hubungan persahabatan Indonesia-Jepang
  8. Diijinkan oleh universitas atau perusahaan jika masih terikat.
  9. Tidak menerima beasiswa sejenis.
Untuk persyaratan no 4 yang dibintangi, merupakan persyaratan yang kelihatannya aga sulit dan memang ini persyaratannya yang paling penting. Di kasus saya, saya sudah memiliki surat tidak resmi dari profesor tempat saya akan belajar nanti, yang disebut Letter of Acceptance. LoA ini hanya berisi persetujuan yang berisi bahwa sang profesor setuju untuk menerima saya belajar di laboratoriumnya, tentu saja jika saya bisa lulus seleksi. Karena Jepang memiliki sistem yang agak unik dari negara lainnya. Kalau di Indonesia mungkin akan ada seperti oprec untuk mahasiswa baru, ujian lalu masuk lab/kelas. Nah kalau di Jepang kita harus memilih lab nya terlebih dahulu, kita diterima disana, baru kita bisa mendaftar di Universitas dengan dibawa oleh sang profesor tersebut. Jadi, kalau memang berminat sekolah di Jepang dan ingin ikut beasiswa apapun, persetujuan dari profesor merupakan langkah awal yang bagusnya dipenuhi, Kalau sudah punya surat sakti ini lebih mudah diterima beasiswanya :)

[[Tips dan cerita saya mendapatkan LoA bisa dibaca di postingan berikut http://tikalarask.blogspot.com/2015/08/pengalaman-oussep-2013-beasiswa-jasso.html ]]

Di INPEX Scholarship inipun, katanya sih, 10 besar yang dipanggil wawancara setelah lolos berkas, pasti semuanya sudah memiliki LoA tersebut. Namun, jikalaupun belum punya, saran saya tetap mencoba mendaftar pun tidak masalah. Nah, kalau sudah memenuhi persyaratan, bisa mulai menyiapkan berkas yang harus dikirim untuk pendaftaran, yaitu sebagai berikut :
  1. Formulir pendaftaran
  2. 2 Foto terbaru 5 cm x 3.5 cm
  3. Transkrip
  4. Surat rekomendasi dari dosen/pimpinan universitas sebelumnya / kantor jika sudah bekerja.
  5. Ijazah Kelulusan
  6. CV
  7. Surat keterangan sehat
  8. LoA dari unv Jepang (Jika sudah punya)
  9. TOEFL/IELTS skor
  10. Sertifikat bahasa jepang (Jika punya)
Di dalam formulir pendaftaran, selain data diri, yang perlu disiapkan ialah 
  1. Study Plan, Field of Study and Study Program in Detail. Disini maksud yang saya tangkap ialah penjelasan mengenai program studi / jurusan dan rencana  detil studi yaitu mengenai tema riset yang akan dijalankan disana. Kalau saya, menjelaskan mengenai Arsitektur lalu penjelasan detil tema riset dan metode riset yang direncanakan.
  2. Plans after completing study in detail. Disini maksud yang saya tangkap ialah mengenai mimpi dan rencana apa yang kita punya, dan akan dipakai untuk apa ilmu dari studi S2nya.
Nah semua berkas dikirim ke alamat kantor INPEX di Jakarta, sebagai berikut:

INPEX Corporation, Jakarta Office 
 35th Floor TCC Batavia Tower One 
Jl. K.H Mas Mansyur Kav. 126 Jakarta Pusat 10220, Indonesia

Dari pengumpulan berkas, seleksi berikutnya ialah 10 orang akan dipanggil wawancara, dan dari situ dipilih 3 orang. Nahiya, bicara soal seleksi, saya aga kaget, karena seleksi INPEX Scholarship ini bisa dikatakan sangat cepat, which is good, karena deg-degannya jadi gak kelamaan :D berikut timetablenya yang bisa diperhatikan untuk mendaftar selanjutnya ya :
  1. Agustus-November, Pengumuman Beasiswa
  2. November 15, Deadline pengumpulan berkas
  3. Januari awal, pengumuman seleksi berkas, 10 orang yang ternyata dihubungi lewat telpon oleh kantor INPEX Jakarta. Untungnya saya sedang dirumah saat itu karena ada acara kantor siang, jadi pagi hari masih dirumah, jadi Alhamdulillah langsung keangkat ^^ Seminggu kemudian wawancara.
  4. Januari 28, pengumuman seleksi wawancara, 3 besar calon penerima beasiswa.
  5. Sampai dengan Februari awal, konfirmasi dari penerima beasiswa.
  6. 12 Maret, pengumuman final penerima beasiswa.
  7. Juni, pendaftaran masuk universitas.
  8. Juli-Agustus, pengurusan dokumen visa.
  9. September, kedatangan di Jepang.
Untuk seleksi wawancaranya, saya waktu itu sendirian, hari senin pagi-pagi, jadi ga ketemu siapapun disana, haha semakin gak tenang. Buat wawancara, kunci utamanya dari saya ialah, "Percaya Diri". Walapun panik, salah ngomong, bingung harus jawab apa, jangan sampai ditunjukin ke pewawancara. Anggap aja pewawancara itu teman atau kenalan dan lagi ngobrol santai.
Waktu saya wawancara kemarin, oleh 2 orang dari INPEX Jakarta, suasananya sangat mendukung untuk santai, di dalam ruangan kecil di meja bundar duduk melingkar dan seperti ngobrol santai. Wawancara dalam bahasa inggris, tapi ada bagian mereka tanya mengenai kemampuan bahasa jepang dan saya yang walaupun pernah 6 bulan di Jepang, aga panik dan akhirnya ngga banyak bahasa jepang yang bisa saya keluarkan .___. sedih, karena tahu seharusnya saya bisa lebih dari itu, karena gada persiapan dan memang lupa sih bahasa jepang juga hehehe. Bahan wawancara dan pertanyaan penting yang masih saya ingat mungkin bisa jadi bahan latihan ialah :
  1. Mengapa pilih Jepang?
  2. Apa mampu tinggal disana dengan segala perbedaan?
  3. Cerita diri sendiri
  4. Rencana masa depan
  5. Apa ada ikatan? Kerja atau hubungan
  6. Kesan keluarga jika s2 di Jepang
  7. Apa itu INPEX?
  8. Perkenalan dalam bahasa jepang
  9. Rencana studi disana
Hmm, mungkin ini saja yang bisa saya share mengenai pengalaman mendaftar INPEX Scholarship 2015. Dan setelah ini masih ada beberapa tahap yang harus saya jalani seperti mendaftar ke universitas sampai ujian masuk universitas. Banyak yang bilang ujian masuk tersebut hanya formalitas bagi penerima beasiswa, tapi tetap aja gabisa santai dan ngga panik dengar kata ujian ^-^" Semoga sampai tiba di Jepang, ujian masuk, belajar disana, hingga lulus semua bisa berjalan lancar tanpa hambatan, Aamiin.

Lebih lanjut mengenai info INPEX Scholarship bisa dilihat disini : http://www.inpex-s.com/

Pendaftaran INPEX SCHOLARSHIP 2021 sudah dibuka! --> http://www.inpex-s.com/announce-of-scholarship/

Ask me anything further via blog atau email tikalaras@gmail.com atau instagram @tikalarask
Selamat mencoba, Ayo Sekolah Ke Jepang! :)

---- UPDATE Sept 2020

Halo semua, kita mau mengadakan acara ngobrol santai nih, 


Yuk #ngobroldarirumah bersama para penerima beasiswa INPEX dari tahun 2014-2019 !


Minggu, 27 September 2020

pukul 14.00 WIB~selesai (16.00 JST)

@Zoom ID: 560 626 7039 

(https://zoom.us/j/5606267039)


Kita bakal ngobrolin semua tentang Beasiswa INPEX, mulai dari pengalaman mendaftar, kehidupan pelajar di Jepang dan segala suka duka lainnya. Dan sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada seputar beasiswa INPEX !


Acara ini gratis dan terbuka untuk siapa saja yang berminat ngobrolin beasiswa INPEX bersama, jangan lupa mengisi pendaftaran dulu di bit.ly/NgobrolinINPEX


Sampai jumpa ya :)



nb:

Bagi yang belum tahu sama sekali mengenai beasiswa INPEX; yaitu beasiswa studi lanjut S2 khusus untuk WNI, bisa berkunjung ke web resmi beasiswa  INPEX: https://www.inpex-s.com 

Saat ini sedang pembukaan pendaftaran beasiswa INPEX 2021, hingga 31 Oktober 2020 !


86 comments:

  1. Salam kenal, saya Aisyah, kebetulan alumni jurusan arsitektur juga dan tertarik dengan program beasiswa INPEX. Artikel ini benar-benar membantu. Kalau boleh tahu, di Jepang nanti lanjut di universitas apa? Kira-kira, beasiswa INPEX ini terbatas pada universitas-universitas di Tokyo saja atau tidak ya? Terima kasih jawabannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Aisyah, salam kenal juga. Kalau aku di Osaka University. Tidak ada batasan universitas, yang penting di Jepang dan memilih studi bidang IPA. Semoga jawabannya membantu.

      Delete
    2. Oh gitu, terima kasih jawabannya. Insya allah sangat membantu. Nihon ni ganbatte kudasai^^

      Delete
    3. Sama-sama, Aamiin. Jangan sungkan bertanya lagi kl masih ada yg kurang jelas. Sukses ya :)

      Delete
  2. Salam kenal mbak Tika.. mbak, kalau untuk foto yg digunakan saat mbak mendaftar dulu pakai kerudung atau nggak ya? makasih mbak..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, syarifah, maaf lama balasnya. Iya pakai kerudung ko, tidak masalah sama sekali :)

      Delete
  3. Salam kenal,
    saya mau tanya, untuk TOEFL Scorenya mereka minta score berapa ya?
    Terima kasih :)

    Best,
    abby

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Abby,
      Mereka ngga minta score tertentu sih, tapi kalau lebih tinggi score ya tentu lebih bagus.
      Bocorannya aku kmrn ITP sih belum sampai 550 kok ;) hehe
      Salam.

      Delete
    2. mbk tika klo skornya toefl prediction apa bisa? krn blm pny skor toefl itp. dan bgaimn cr mndptkn LoA dr univ di jepang? mngkin mbk bisa mmbntu atau pny link dr slh stu kmpus di sana. syukron.

      Delete
    3. Jangan, lebih baik pake skor asli, ITP cepat kok hanya sekitar 2 minggu saja, dan banyak institusi yang buka tes ITP. Masih banyak waktu juga kan ;) Untuk tips LoA coba km baca postingan aku http://tikalarask.blogspot.com/2015/08/pengalaman-oussep-2013-beasiswa-jasso.html semoga membantu.

      Delete
  4. Assalamualaikum,
    Salam kenal Mbak Tika,
    Terima kasih banyak atas infonya. Mohon doanya juga, kebetulan saya berencana untuk mendaftar periode tahun depan, hehe.. Oya, apakah Mbak Tika dari ugm? kebetulan kakak angkatan saya juga ada yang berangkat ke hookudai lewat beasiswa ini..
    Wassalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumusalam. Salam kenal juga, dengan siapa? Oh mungkin Imam ya Biologi UGM 2009? semoga sukses ya.

      Delete
  5. Assalamualaikum Mbak Tika,

    Terima kasih banyak infonya, kebetulan saya baru lulus dan berencana melanjutkan studi ke luar negeri, dan Jepang salah satu negara tujuan saya, sehingga info ini sangat bermanfaat sekali. Saya ingin tanya mbak terkait berkas-berkas yang dikumpulkan semua format harus dalam bahasa Inggris ya? Termasuk medical chek up? terima kasih mbak, ditunggu balasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam Fita.

      Kalau bisa bahasa inggris semua bagus banget, apalagi bahasa Jepang hehe
      Tapi tidak diharuskan kecuali untuk form pendaftaran.

      Coba aku rincikan punyaku ya, seperti ini:

      Formulir pendaftaran -> in english
      Transkrip -> bahasa indonesia (karena belum punya yg translatean)
      Surat rekomendasi dari dosen -> in english
      Ijazah Kelulusan -> bahasa indonesia (karena belum punya yg translatean)
      CV -> in english
      Surat keterangan sehat -> bahasa indonesia, dan cuma keterangan dr dokter umum biasa saja kok
      LoA dari unv Jepang -> in english
      TOEFL/IELTS skor
      Sertifikat bahasa jepang -> ngga punya

      Delete
    2. Makasih banyak Mbak Tika sangat membantu sekali, saya mau mencoba untuk tahun ini.

      Delete
  6. assalamualaikum wrwb

    mbak tika, perkenalkan nama saya pandudamai
    mungkin kasus saya agak unik.
    jadi, saya sudah dinyatakan diterima di program master salah satu kampus negeri di daerah shikoku, masuk oktober 2015. tapi karena saya tidak dapat beasiswa (hanya bantuan dari kampus per bulanan hanya untuk bertahan hidup seorang), saya juga sedang mencari beasiswa lain. apakah saya masih bisa mendaftar beasiswa ini walaupun (jika tembus) hanya mendapat jatah satu tahun?

    terima kasih ya mbak tika :)

    Wassalamualaikum wrwb

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam,
      jawabannya via facebook ya pandu. maaf terlambat.

      Delete
  7. Assalamualaikum Mbak Tika, saya Salsa. Oh iya mbak tika kebetulan studi saya bukan berasal dari natural science. Nah saya ingin bertanya apakah ada beasiswa lain yang ditujukan untuk sosial science dengan range beasiswa sebesar index ini juga?

    terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam Salsa, tentu saja ada, dan kalau di cari sebenarnya banyak. Kebetulan aku share diatas link tg daftar beasiswa-beasiswa jepang http://www.jasso.go.jp/study_j/documents/scholarshipse_reserve.pdf -> tapi sayangnya link ngga lagi aktif :( tapi kalau yg aku tahu full scholarship untuk social science bisa dicoba monbukagakusho atau MEXT itu beasiswa dari pemerintah Jepang, untuk yang lainnya coba dicari lagi ya.

      Delete
  8. Hi Tikaaaa...guess what?
    Aku dapat link info dari kakakku tentang beasiswa INPEX. Dan pas aku browsing tentang beasiswa ini, aku ketemu blog-mu hehehe. Dan aku baru tahu kalau INPEX itu oil company :D. Sukses ya untuk studinya...semoga segera lulus. Sampai bertemu di petualangan selanjutnya :)

    -Nika/Anak Krakatau-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nikaaaa apakabar? sekarang dimana? oh oh jodohnya ketemu blog aku :3 minat daftar jugakah? hehe. Aamiin, makasih, sama sama. Petualangan di Jepang maybe?

      -Tika/Anak Krakatau(juga)-

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. assalamualaikum...
    perkenalkan kk' sy ezny
    thank's y kak posting.a sangat bermanfaat.
    sy mahsiswi semestr 7 dn berniat mw lanjut s2 melalui inpex
    sy mw nanya :
    1. klaw s1 nya dr kampus swasta tapi terakrediatasi, ada peluang u/ lolos g' ?
    2. apakah jurusan farmasi itu masuk natural science ..?

    makasih k..
    wassalam_

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam. kalau untuk asal univ yang dimaksudkan oleh INPEX bereputasi baik aku nggak tahu pasti yang masuk kotegori itu univ apa aja, tapi gada salahnya kok mencoba untuk mendaftar dulu :) dan iya, farmasi masuk ke natural science/IPA. semoga membantu.

      Delete
  11. Hi kaaak.. INPEX cuma untuk yg dari S1 nya jurusan natural science ya? kalau Teknik Industri itu natural science bukan sih kak? thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya masuk natural science/IPA kok, aku juga anak Teknik, Arsitektur. :)

      Delete
  12. Halo kak, saya fresh gradute dari salah satu PTN di Aceh dan berminat untuk melanjutkan studi master di jepang. Bidang saya saat S1 adalah sosial ekonomi pertanian. Apa bisa ikut di beasiswa ini? Terima kasih atas responnya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Keumala. Mohon maaf ya sebelumnya, aku kurang tahu pasti apa saja bidang yang masuk jurusan IPA atau natural science. Tp beasiswa INPEX masih terbatas untuk sarjana lulusan jurusan IPA. Jadi mungkin kamu sendiri yg lebih paham jurusan tersebut masuk ke IPA atau IPS. Semoga membantu :)

      Delete
  13. Assalammu'alaikum tika. Salam kenal.. :)Mau tanya, kalo inpex ini untuk mulai masternya itu untuk 2 tahun berikutnya ya (misal ikut seleksi 2015, berarti mulai studi masternya 2017 atau boleh disesuaikan dgn waktu terdekat dimulainya master d univ yg bersangkutan, misalnya jadi tahun 2016) Bisakah seperti itu?

    lalu, untuk format rekomendasi dosen atau atasan dr Indonesia itu seperti apa ya? Saya cari format rekomendasinya di web inpex tidak ada? Seperti apa format rekomendasi nya ya tika?

    Terima kasih banyak atas infonya.

    salam hangat,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Mba Tika. Saya juga mau dikirimin jawaban dari pertanyaan diatas dong Mba. Sekalian mau nanya apakah beasiswa INPEX juga mencakup ongkos dan biaya bila saat seleksi kita diharuskan ke Jepang?

      Terima kasih :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. Assalamualaikum mbak tika,
    ini saya arini, salam kenal,,
    saya mau nanya soal disiplin ilmu yang dituju nanti saat s2, jika kita apply beasiswa inpex itu jurusan s2nya harus ekuivalen kah?, kebetulan saya mau apply tapi tujuan jurusan d s2 saya berbeda dengan s1. tapi masih dalam lingkup natural science,, terimakasih atas responnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam Arsya Rini,
      Salam kenal juga. Sebenarnya tidak masalah dengan pendaftaran beasiswa INPEX selama masih jurusan IPA. Tapi setahu aku kalau beasiswa, mereka lebih mencari jurusan yang masih sesuai dengan jurusan S1, karena juga dilihat konsistensi juga passionnya. Walaupun berbeda jurusan namun masih satu bidang menurut aku tidak masalah. misalnya seperti Jurusan S1 Arsitektur tapi S2nya misal mengambil Town Planning/Planologi, masih relevan, tidak masalah :)
      Semoga membantu. Semangat dan Sukses ya.

      Delete
    2. mbak,,, nanya lagi ya,,hehe, maaf nih, jadi nanya" truz,,,(mumpung ad yg berpngalaman)
      itu study plan n study programnya cuma di tulis di application form kn ,,gak perlu lembar sendiri kan mbak ya,,,
      berapa lembar mbk,,, ??
      maaf ya mbak, lw nanyaku gimana gtu,,,hehehehe
      terimakasih jawabannya.

      Delete
    3. Boleh menyertakan halaman tambahan kalau dibutuhkan untuk bagian essaynya (study pan dan study program) aku dulu juga menambah. Soalnya itu bagian penting, jadi seharusnya dibuat sedetil dan sejelas mungkin ya.

      Delete
    4. oke mbak,,,
      mbak,, boleh gak aku mnta contoh study plan n study programnya mbak,,,?
      terimakasih sebelumnya mbk ....

      Delete
  15. Assalamualaikum kak, salam kenal. Sy jg dr jurusan arsitektur :). Mohon maaf merepotkan kak. Bs kirim contoh surat rekomendasi untuk universitas sblumnya dan study plan di email: mandasarijayanti80@yahoo.com. Trmksh banyak kak tika :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumussalam Dwi, salam kenal juga :) Ohya, dari univ mana? untuk studi plannya aku belum bisa share, tapi untuk garis besarnya, ini poin-poinnya:
      -field of study program
      -tema/judul riset
      -subjek riset
      -latar belakang riset
      -tujuan riset
      -timetable riset
      Semoga bisa membantu. Sukses dan semangat ya!

      Delete
    2. Trmksh banyak bantuannya kak. Sy dr universitas hasanuddin yg kemarin kirim email ke kaka jg. Ini kak, bs liat contoh surat rekomendasi dr universitas sebelumnya ga? Soalnya gak di sediakan pihak inpex jd agak pusing dengan formatnya. Trmksh banyak kak

      Delete
    3. Untuk surat rekomendasi, banyak contohnya di internet, satu hal saja, yang penting ada nama, kontak, jabatan dosen dan isinya mendukung kamu untuk jadi penerima beasiswa INPEX ;)

      Delete
  16. Assalamu'alaikum Mba Tika,
    Salam kenal, Saya Ade Lanang Biyantara lulusan ilmu dan teknologi pangan.
    Mba, mau menanyakan terkait dengan LOA.
    Sebelumnya saya telah menghubungi professor di jepang dan beliau setuju menjadi supervisor saya di beasiswa yang berbeda (bukan INPEX). Beliau menyatakan setuju menjadi supervisor saya apabila saya lolos di beasiswa tersebut melalui email. Namun ternyata saya belum lolos untuk beasiswa tersebut.

    yang ingin saya tanyakan adalah, apakah LOA dari Professor tersebut (berbentuk record email) sudah cukup dan hanya perlu diperbarui? ataukah harus memohon surat resmi dari beliau?

    Demikian Mba, terimakasih atas bantuanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sudah balas juga di email, fwd:

      Waalaikumussalam Ade,

      Salam kenal.

      Kasusnya sama seperti saya kemarin, jadi jgan segan minta lagi surat yg sama untuk tujuan inpex. Harus resmi dgn ttd kalau bisa pake kop ya.

      Surat rekomendasi ada banyak sekali contohnya di internet, satu hal saja cukup yg penting ada ttd dosen, jabatan dan isinya mendukung km untuk daftar beasiswa inpex.

      Semoga bisa membantu, jgn segan tanya lagi kl ada yg kurang.

      Semangat dan sukses!
      Salam,
      Tika Laras.

      Delete
    2. Ohya, jadi jangan hanya record dari email minta baik baik beliau untuk menadatangani surat LOA nya, bisa dibaca di postinganku yg satunya mengenai LoA.

      Delete
  17. Selamat siang kak tika, salam kenal, saya ingin bertanya perihal dimulai kegiatan perkuliahan, misalnya ketika diterima oleh beasiswa inpex tahun 2016, waktu dimulainya perkuliahan itu apakah april 2017 atau oktober 2017? terima kasih kak tika.

    Salam,
    Yoga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Yoga,
      Semua tergantung dengan universitas dan laboratori (profesor) ditempat diterima. Tapi kalau untuk keberangkatan yang pasti sepertinya selalu di bulan September, jd unutk 2016, akan berangkat september 2016, dan dari pengalaman yang lalu kebanyakan kuliah dimulai april (2017) tp ada juga yang langsung oktober (2016).
      Sukses dan semangat ya,
      Tika.

      Delete
  18. Assalamualaikum,

    Mba Tika, terima kasih atas informasinya. Beruntung sekali bisa nemu blognya mba tika ini. Salam kenal saya Riesma. Saya berencana mendaftar beasiswa ini. S1 saya fisika murni, jika prodi tujuan S2 di jepang melalui inpex ini adalah teknik fisika atau bioengineering, lingkupnya masih natural science hanya ada di engineering faculty apakah bisa??? Atau apakah memang harus jurusan-jurusan S2 yang ada di fakultas science. Mohon pencerahannya........

    Jazakillah khoir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sudah via facebook ya? :"

      Iya natural science itu jurusan IPA yang mana teknik juga masuk jurusan IPA.

      Delete
  19. Assalamu'alaikum

    Perkenalkan, nama saya Iqbal. Saya berencana untuk mendaftar beasiswa INPEX. Beberapa pertanyaan saya:

    1. Untuk bidang saya adalah Teknik Informatika, apakah itu termasuk dalam "Natural Science"?
    2. Untuk Ijasah & Transkrip Nilai yang dikirimkan apakah harus asli atau bisa dengan fotocopy yg sudah dilegalisir?

    Demikian pertanyaan saya. Atas perhatiannya saya ucapkan Terima Kasih.

    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam,
      1. Iya termasuk, saya juga anak teknik :"
      2. Fotokopi yang legalisir itu juga aslinya, jd silahkan dikirimkan yg legalisirnya saja.
      semoga membantu.

      sukses dan semangat!

      Delete
  20. Assalamu alaikum kak, prkenalkan sy lisa kak dr unhas, nanya2 blh kak?wktu ngisi field of study sm study program kakak ngisinya kyk gmn? lngsng ngejelasin ttng proposal penelitian kyk gitu kak? soalnya professor yg sy korespondensi itu blm mau nentuin sy mau diikutkan di proyek penelitiannya mana.
    satu lg kak kan di scheduleny ujian masuk perguruan tingginya itu bln januari 2017, klo misalnya di univ yang kita plih ujian masukny bln oktober 2016, itu gmn? bisa nggak kak? terima kasih sblmnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam,
      Iya untuk study program rencana riset, memang yg ditulis tidak pasti akan dipakai, bisa saja berubah. dan biasanya didiskusikan bersama dengan profnya. intinya sih biar pihak inpex tahu kira-kira apa yg bakal km lakukan nanti di lab si prof. kalau field of study itu aku menjelaskan tg jurusan yang aku ambil.

      Itu jadwal kasar dari INPEX, semua mengikuti lab/univ yg diambil, ngga ada hubungan dan masalah kok :)
      Semoga membantu.
      Sukses semangat!
      Salam,

      Delete
    2. okeii kak..
      mkasi banyak kak
      membantu banget.. jadi gak ragu dehh ><d

      makin sukses kak

      Delete
    3. aamiin, terimakasih, sama sama elyza

      Delete
  21. Assalamu'alaikum kak,
    Saya ingin tanya mengenai Personal History, yang merupakan salah satu syarat dari Inpex. Apakah personal history sama dengan CV atau berbeda? Jika berbeda apakah ada format khusus dan bisa tolong jelaskan isi dari personal history. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam Subroto,
      Personal History and Data itu ya maksudnya CV.
      Semangat dan sukses.

      Delete
    2. Mau tanya lagi kak, untuk application formnya harus diisi dengan bahasa Jepang atau boleh dengan bahasa Inggris?

      Delete
    3. Bahasa Inggris kalau tidak bisa bahasa Jepang.

      Delete
  22. Assalamu'alaikum mba tika. What a useful information hehe. Makasih banyak ya mba tika atas sharenya. Saya ingin tanya mba. Alhamdulillah sy sdh dpt Loa dr university of tsukuba dan InsyaAllah perkuliahan dimulai bulan april 2016. Sy sebenarnya sdh daftar jg beasiswa lain, dan sdg menunggu proses seleksi administrasi. Namun, sy rada feel inscure, jd berniat apply beasiswa ini.

    Kira2 bisa ngga ya mba kalo sy daftar beasiswa ini sementara perkuliahan sy dimulai bkn di september, tp di april 2016? Sy sdh cb cari email dr pengelolan beasiswa inpex, tp ngga dapat. Tp alhamdulillah bs nemu blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam Nurul.
      Hmmm, kalau dilihat dari jadwal INPEX yang biasanya memang selalu keberangkatan Bulan September, jd sepertinya ngga bisa. Karena kalau daftar periode ini toh pengumumannya masih awal 2016 dan setelah itu banyak yg diurus sebelum berangkat. Kalau April 201 terlalu mepet. Tapi sepertinya juga bisa ada kesempatan kalau mau mulai April tp mungkin dengan biaya sendiri terlebih dahulu, (?) aku juga sebenarnya ngga tahu pasti masalah teknis seperti ini. Tapi kalau saranku sih kl memang mau ambil beasiswa ini ya ikuti saja jadwalnya... maaf ya, semoga jawabannya bisa membantu.
      Semangat dan Sukses!

      Delete
  23. Asslamu'alaykum
    Salam kenal mbak Tika,
    mau tanya, waktu daftar skor TOEFL yang dicantumkan yang asli atau fotokopi ya?
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam,
      Kebetulan aku dulu pake yg fotokopi aja sih, tp kalo ada banyak dan ngga dipakai lagi bisa kasih aja yg aslinya.

      Delete
  24. Selamat pagi kak tika, salam kenal, saya ingin bertanya perihal LoA dari professor, bolehkah saya melihat contoh LoA milik kakak dari professornya? jika boleh, bisa minta tolong dikirim melalui email ke yoga[dot]gmhardtop[at]gmail[dot]com, mohon balasannya kak tika, terima kasih kak tika.

    Salam,
    Yoga

    ReplyDelete
  25. Assalamualaikum mba tika, saya boleh bertanya waktu itu mba tika melampirkan surat rekomendasi dari profesornya di jepang pada saat dikirim via pos atau surat rekomendasinya dibawa pada saat wawancara mba?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam, surat rekomendasinya dilampirkan pertama kali saat medaftar bersamaan dengan form aplikasi.
      salam, Tika

      Delete
    2. Oke.. terima kasih banyak mba informasinya.. salam kenal

      Delete
  26. Assalamu'alaykum
    mbak tika, nanya lagi ya
    ada kontak inpex indonesia yang bisa dihubungi ga ya?
    untuk memastikan misalnya tidak lolos
    yang dihubungi cuma yang lolos kan?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumussalam Fikri,
      Sepertinya untuk yang lulus saja dikabari via telp.
      Dan sepertinya sudah ada pengumuman untuk yang lulus interview tahun ini.
      Jangan patah semangat banyak banget kok beasiswa ke Jepang, atau bisa lagi coba ikut INPEX di tahun depan!
      Semangat. Salam, Tika.

      Delete
  27. wah ternyata pengumumannya lewat telepon dan lebih awal. hmm.. berarti saya belum lolos untuk tahun ini. T.T
    eniwey, terimakasih atas infonya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. bisa dicoba beasiswa lain ke jepang sambil nunggu pembukaan yg tahun ini :)

      Delete
  28. Siang Ka Tika ^^
    yah, saya kelewat info nih. nyesel, udah ditutup utk th 2016..
    btw, untuk beasiswa selain dari inpex dan mbk apa lagi ya?
    trus, saya tahun ini ikut yang MBK nih, tp saya belum bener-bener ngerti, apa si itu, dan bagaimana nanti kelanjutannya.. Thx, before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru balas.
      Ada banyak diluar manbukagakusho juga beasiswa lainnya dr swasta spt INPEX, coba dibuka di link http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html dan ada macam macam buat s1-s3, guru dll. Bakal dibuka April 2016. coba aja dibaca dulu.

      Delete
  29. kak... kasih info cara cari LOA donk :)
    Aku uda kontak dan dapet prof yang alhamdulillah bilang "will happy accept me as my student", terus gimana minta LOA-nya ya kak ??
    yang perlu diapply ke profnya apa aja ??
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat, tinggal setahap lagi dpt LOA! :) langsung saja bilang via email meminta profnya menuliskan LOA buat kamu untuk keperluan daftar beasiswa. Nanti profnya juga kan mengarahkan apa yg harus km kasih buat dibikinin LOA :) Good luck!

      Delete
  30. Halo kak Tika, terima kasih infonya yg bermanfaat. Kenalkan nama saya Icmi :)

    Kak mau tanya boleh? Saya mau daftar tapi agak bingung di bagian surat rekomendasi dr univ sebelumnya. Apakah suratnya hanya terbatas untul dr dekan atau pembimbing sebelumnya? Karena saya ingin pakai dari dosen yang kepala prodi.
    Lalu apakah suratnya perlu amplop terpisah dan tersegal (yg putih biasa itu) atau tidak kak? karena di panduan tertulis confidential letter.
    Terima kasih kak atas jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal Icmi.
      Bebas, tapi saranku, dosen yg punya jabatan lbh tinggi di kampus akan lbh baik sebagai recommend-er. Dan kalau bisa siapkan 3-4 surat. Dulu sih aku tidak tertutup kalau ga salah ingat, tapi kalau mau tertutup pun tidak masalah , dan sepertinya lbh bagus kalau amplop tertutup :)
      Selamat mencoba yaa, good luck!

      Delete
    2. Halo kak Tika, wah terima kasih ya untuk jawabannya! Sangat membantu :)
      Oh ya kak, mau tanya 1 lagi boleh ya? hehe
      Saya kebetulan ada 2 sensei yang berbeda dari univ yang berbeda pula yg mau nerima saya. Kalo misal saat daftar saya punya dua LoA dan melampirkan bersamaan apakah boleh? Atau INPEX hanya memperbolehkan 1 LoA dr 1 univ saja ya kak?
      Terima kasih!

      Delete
    3. Sama-sama :)
      Hmmm, kalau untuk LoA sebenernya gada aturan, tapi alangkah baiknya kalau kamu fokus sama salah satu, pilih salah satu yg paling kamu yakin. INPEX juga akan lihat dan menilai dari kefokusan kamu juga menurutku. Nantinya kan prof itu akan dihubungi lebih lanjut oleh INPEX jd kalau ada 2 terlihat kita tidak fokus.
      Hehe maaf aku juga agak bingung kalau masalah ini, coba saja sebagaimana yg kamu yakini paling baik :)
      Kalau aku jadi kamu sepertinya aku hanya akan minta satu LoA saja dari awal, jangan minta ke banyak prof di Jepang, kecuali sensei menolak ngasih LoA, baru step selanjutnya meminta LoA pada prof cadangan, jangan minta LoA berbarengan, karena katanya sih jaringan prof dan univ di jepang luas, jd akan tahu satu sama lain dan jadi ngga enak.
      Salam.

      Delete
    4. Oh begitu ya kak. Wah agak ngeri juga ya kalo ketahuan,pasti awkward bgt. Okeoke, berarti saya harus minta 1 dulu ya hehe.
      Soalnya ada 1 sensei yg saya lamar, saat beliau bersedia menerima di labnya saya sempat singgung ttg LoA tapi beliaunya sperti tidak tahu-menahu ttg itu dan hanya memberikan beberpa link website utk refrensi, makanya skrg kalo mau minta LoA lagi ke beliaunya saya jadi agak sungkan hehe. Tapi nanti saya coba hubungi beliau lagi secara baik2.
      Terima kasih banyak kak atas pencerahan dan tips2nya :))
      Salam.

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Hi kak tika, makasih ya kak artikelnya bagus :D
    saya mau tanya kak tentang pengisian field of study sama study plan di form. Apa Saya boleh mengisi study plan nya dengan melampirkan proposal riset yg sudah saya buat ? Tapi tahun ini di formny dituliskan field of study up to 150 words study plan up to 250 words, yg berarti gak boleh lebih dr itu, ini beda sama petunjuk tahun sebelumnya kak yg boleh melampirkan kertas tambahan. Kira2 apa tetep boleh ya saya lampirkan proposal yg total 4 lembar dan udh pasti lebih dari itu words nya...??
    Mohon petunjuknya kak, saya cukup galau :(( kebetulan saya sudah pegang loa dr prof saya, tp takut gugur cuma gegara study plan gak sesuai petunjuk INPEX.
    (Soalnya saya kebetulan pernah daftar Monbu dan berhasil lolos seleksi pas saya lampirkan proposal saya yg detail tsb)

    Oh iya, kira2 menurut kak tika dokumen2 apa aja ya yg mempengaruhi/memperbesar peluang lolos tahap dokumen, selain loa dr jepang maksudnya. Misal mungkin TOEFL, surat rekom, dll?

    Terima kasih kak sebelumnya :D

    ReplyDelete
  33. Halo semuanya !
    Kita akan mengadakan acara sharing santai nih,

    Yuk #ngobroldarirumah bersama para penerima beasiswa INPEX dari tahun 2014-2019 !

    Minggu, 27 September 2020
    pukul 14.00 WIB~selesai (16.00 JST)
    @Zoom ID: 560 626 7039
    (https://zoom.us/j/5606267039)

    Kita bakal ngobrolin semua tentang Beasiswa INPEX, mulai dari pengalaman mendaftar, kehidupan pelajar di Jepang dan segala suka duka lainnya. Dan sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada seputar beasiswa INPEX !

    Acara ini gratis dan terbuka untuk siapa saja yang berminat ngobrolin beasiswa INPEX bersama, jangan lupa mengisi pendaftaran dulu di bit.ly/NgobrolinINPEX

    Sampai jumpa ya :)


    nb:
    Bagi yang belum tahu sama sekali mengenai beasiswa INPEX; yaitu beasiswa studi lanjut S2 khusus untuk WNI, bisa berkunjung ke web resmi beasiswa INPEX: https://www.inpex-s.com
    Saat ini sedang pembukaan pendaftaran beasiswa INPEX 2021, hingga 31 Oktober 2020 !

    ReplyDelete