Tuesday, August 4, 2015

Card to Post / Kartu Pos



Di kamar loteng saya, ada satu sudut favorit, yaitu jendela besar yang saya jadikan spot koleksi post card saya yang berasal dari berbagai belahan negara.

Kebiasaan saya mengkoleksi post card bermula dari kunjungan saya ke Jepang selama 6 bulan untuk program pertukaran pelajar tahun lalu. Karena di Jepang kebudayaan mengirim kartu pos masih kental; orang-orang masih rajin berkirim kartu pos saat event seperti tahun baru, natal, dan juga sangat mudah menemukan berbagai desain kartu pos di mana-mana. 

Dan setelah saya kembali ke Indonesia, saya banyak mendapatkan kiriman kartu pos dari teman-teman pertukan pelajar lainnya yang berasal dari berbagai negara. Saya pun membalas kartu pos mereka, dan mendapatkannya kembali.
Saya mengerti mengapa banyak orang yang hobi mengkoleksi kartu pos dan mengirim kartu pos. Karena perasaan saat mendapatkan kartu pos dari orang lain sangatlah menyenangkan :)

Rekor saya mengirim kartu pos terbanyak dalam satu waktu adalah saat tahun baru 2015 lalu. Saya mendesain sendiri kartu pos tersebut, dan saya tulis tangan sendiri dengan jumlah total 24 kartu pos yang saya kirim ke 10 negara berbeda (Thailand, Filipina, Jepang, Korea Selatan, China, Jerman, Belanda, Finlandia, Mexico, Brasil)



Ini dia 24 kartu pos yang siap tulis malam itu, desainnya ialah foto-foto kolase saya dengan si penerima yang diedit dengan mode sketch. Sangat mudah dibuat. Begini kira-kira prosesnya ;

Buat desainnya di ukuran kertasnya yaitu 10x14,5 cm. Lalu dijadikan satu dalam format A3, dan diprint di printing digital yang biasanya harganya 5000 per lembar. Lalu kita potong sendiri menggunakan cutter agar rapih. Lalu mulai menulis semalam suntuk, dan esoknya siap ke kantor pos untuk dikirim ke tujuan masing-masing! Untuk biayanya beragam, ke asia sekitar 4000-6000 dan eropa amerika 8000-10,000 rupiah.

Ayo kalian bisa mulai juga mendesain kartu pos kalian sendiri (digital ataupun manual), dan mulai bertukar dengan teman ;) atau mungkin dengan saya? 

Next time saya mau coba buat desain yang manual dengan sketsa tangan :D

3 comments: