Friday, August 17, 2012

[PART 2] Daily Habit from 51A

sebelumnya >> PART1-Daily Habit From 51A

5. Pagi Hari

Di pondokan SD1 cuma ada 2 wc, wc murid dan wc siswa yang dipake sama kita, 19+1 orang, kebayang kan gimana repotnya pagi hari, semua rebutan mandi, sampe bikin berantem dan marah marah, sebenernya kalau habis sahur ngga tidur lagi sih ngga masalah yaa tp gimana dong dasarnya disana dingin habis sahur tidur lagi baru pada bangun dan kelabakan jam 7 pagi -__-waktu saya bangun sih biasanya sekolah udah masuk, udah pada senam pagi , sebenernya sih saya kebangun karena lagu senam pagi atau imtaq yang khas dan kenceng bangett

 Senam pagi hari di SD 1, "Jalan di tempat jalan ditempat..."

Belum lagi kalo udah masuk jam sekolah anak SD juga ikut ngantri trus ngetok ngetok orang mandi "siapa di daleeeem...?" lama lama mereka malah iseng.

Cuci baju sih sendiri (awalnya) lama lama baju baju yang berat dan kalau lagi males pada laundry, hahaha KKN mewah, ke kota dikit di masbagik, ada laundry an-nisa, di selong juga ada langganan waktu awal-awal mama laundry, thanks to them pokonya :)
Tapi cuci baju juga bikin kangen, biasanya kalo dirumah mana pernah cuci baju sendiri kalo disana harus rebutan ember buat cuci baju, dan yang paliiiing bikin kangen, buat saya adalah jemuran yang dibikin manual pake rafia di lapanagn SD 1, soalnya matahari cuma bersinar di lapangan, kalo di jemuran belakang ketutup pohon 3 hari baju ngga kering udah gitu disemutin dr pohon mangga :( awalnya holiday doang jemur di lapangan, tp lama lama tiap hari jemur di lapangan, jadi tiap pagi sebelum anak anak dateng jemurannya harus ditiadakan sementara, siang mereka pulang baru dipasang lagi. haha.

 6. Kendaraan

 Unit 51A bisa dibilang sangat beruntung, karena gabung KKN sama anak IKIP, motor hampir selalu available, tp kan terbatas karena harus dibagi, jadi ngetrend banget buat subunit 3 buat cenglu (bonceng telu), ngga pandang gender cenglunya dan biasanya dibagi 2 kloter. fiuh. kalo ngga ada motor kita biasanya naik cidomo, cidomo itu kendaraan khas di Lombok (sepertinya), sejenis delman kalo di jawa, yah emang delman sih, tapi di lombok cidomo itu jadi transportasi, yang biasanya buat angkut barang dari pasar, uniknya bayarnya diitung per kilo, per kilo biasanya seribu perak untuk daerah kesik dan sekitarnya.


 cidomo

Waktu itu saya mengajak teman-teman subunit 3 ke Lendang Nangka, desa sebelah buat makan bakso seklaigus ketemu teman arsi saya, ber6 naik cidomo kesana sejauh 2 kilometer kurang lah dengan kondisi jalan rusak parah, kasian bgt si kuda, cuma bayar 12 ribu aja .___.

7. Jadi guru dan kakak, sebagian melakukan ritual bopi dan boci

Tentunya saya akan rindu sekali dengan partner kerja saya di SD 1 dan apalagi SD 2 :))
Tiap Senin-Jumat kami subunit 3 berangkat bareng ke atas ke SD 2 buat ngajar, siapapun yg ada jadwal ngajar hari itu, semuanya harus berangkat. Pkonya bunyinya satu berangkat semua berangkat. Yang ngga ngajar nuggu di basecampnya ikip di SD2 buat boci (bobo ciang). Hahaha 

Jadi guru sementara disana cuma 2 minggu aja, sekaligus jadi kaka mereka sore harinya, hmm speechless buat diungkapkan. I really love them, and i really want them to be succed in the future, amin.
Pesan yang selalu kami bilang ke mereka, "walaupun kaka udah pergi, tetap rajin baca, rajin belajar, apapun yang terjadi, harus kejar cita-cita kalian, kaka tunggu di Jakarta atau Jogjakarta yaa"

8. Tarawih dan solat jamaah

Lombok itu terkenal dengan 1000 masjidnya. Jadi dimana mana tersebar masjid. Dan ngga main main masjidnya itu bagus bagus semua, pake menara semua. Kalau di Kesik masjid besarnya cuma satu, yang lainnya masjid kecil dan musola. Di sekitar SD 1 aja ada 3 masjid kecil dan 1 masjid besar yang tinggal ngesot. Jadi untungnya kita jadi rajin solat tarawihan bareng, kalo males ya jamaahan di pondokan, sebenernya sih ngga semuanya karena kalo kata Devi, cowo cowo kita itu ngga ada yang peka -_- jadi biasanya yg jalan cuma ciwiciwi aja sm beberapa cowo.

9. Bullying

Bicara soal bullying, sebernernya saya sendiri juga sering jadi korban bully, tp bullynya masih undercontrol ko, walaupun juga saya pernah sampai nangis karena dibully, tp yaa saya tahu mereka itu becanda ajaa. Tapi hal hal kaya gitu yang pasti bakal ngangenin nantinya, hihi.
Kalau yang lain itu, paling sering bully Reyner, teman seunit saya yang satu ini adalah orang hebat yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, saat ada waktu kosong sedikit saja, dia akan memanfaatkannya dengan tidur. sangat menginspirasi :)

Reyner di acara penyuluhan, dan dia seksi keamanan, eh mala turu

Dan beberapa kali kita pernah mainin dia saat tidur, nyoret2 pake spidol warna warni trus pernah juga kita makeup-in pake makeupnya renny. gitu itu waktu prosesnya dia sadar tp kaya ngga peduli dan tidur lagi. ntah sadar atau ngga pokonya besoknya saya yang kena marah karena di adu domba -__-

10. Subunit 3 !

Keluarga inti saya dimana semua kegiatan diatas kebanyakan saya lakukan bersama mereka. Saya akan perkenalkan singkat keluarga baru saya ini:

 Rain di acara peresmian bak sampah Punik Agung, 
diantara foto single dia yang paling banyak di album KKN saya harus milih foto ini ntah kenapa.

ada Rainarta, yang berarti hujanduit, dia ini teman saya di Arsitektur 2009 juga, yang menghasut saya masuk 51A juga, hihi. Dia kormasit, dan selalu dibilang kormasit paling ngga care sama anak buahnya. Paling galak, nyebelin, egois, ngebetein. Dia salah satu orang yang cukup berpengaruh di unit apalagi subunit 3. Oke keahliannya buat maket emang bikin dia jago nukang dan dibutuhkan disana sini. Kita anak buahnya sih tunduk dan takut sama dia karena suka galak ahahha. Apalagi kalau pagi dia udah siap kita belum, beeeuh, tp giliran dia yang belum siap sih ya gpp ._.
Tapi, mau gimanapun dia kormasit kita tercinta:)) Dia juga sering jadi pencair suasana kalo lagi strict, trus kalau menurut saya pribadi dia itu cukup oke lah buat jadi pemimpin, dibawa santai tapi kalo udah ngerjain harus serius. Apalagi ngerjain sesuatu yang dia suka, langsung autis. Sayangnya kalau malem, suka berubah trus pake jilbab, gajelas ._.

Pray foto di Joben, wisata bersama Pak Kadus Punik Agung

Prayoga, biasa dipanggil Mawar. Hahaha enggalah, biasanya dipanggil Pray. Dia kormanit atau ketua unit, yang suka dibilang kormanut, karena dia selalu denger apa kata orang. menurut saya dia orang yang hebat karena sabaaaaar bgt apalagi kalau urusan dibully._.

Devi yang difoto waktu acara perpisahan di SD2  

Devi, bu bendahara yang seringnya berantem ama saya. Trus yang lain tinggal nonton dan berlagak main xbox. Tapi dia ini saudara baik saya di su3. Bu Devi ini paling sering galau. "Kenapa ya gue harus disini sekarang sama lo, di tempat ini, kenapa ngga sama cowo gue atau suami gue nanti ....?"
ditanya gitu saya cuma bisa diem aja ._. walaupun sering (merasa) dimarahi, tapi Bu Devi ini sebenernya punya perasaan yang lembuuut banget hihihi :*
 
 Foto waktu acara pramuka atau outbond nih?
Farid, bro saya yang satu ini, saya suka dengan kepribadiannya apalagi yang suka antiklimaks sendiri kalau ngomongin si atun. Farid ini jadi penengah, jadi penyeimbang kalo di SU3, kalau lagi ada yg berantem ada yg sedih, dia pawangnya. Ntah kenapa apa yang dia bilang ke saya, saya selalu inget walaupun susah di praktekin, at least saya sendiri selalu inget nasihat dia buat saya. Saya jarang suka orang yang puitis dan romantis, tapi sayangnya saya suka sama bro yang satu ini tuh.


 Fea dan hasil karyanya waktu bimbel menggambar
Fea, teman SMP saya loh ini yang sempet nawarin KKN bareng dia tapi saya tolak. Yang kita bingung, hidup itu lucu ya, kita waktu SMP temen tapi bukan temen deket bahkan bisa dibilang cuma sebatas teman satu sekolah aja, tapi 9 tahun kemudian kita ketemu lagi di KKN ini dan saya bisa langsung jadi seseorang yang spesial dalam hidupnya, aaaah :)) kalau Fea itu dewasa sebenernya tapi suka labil dan hobi ngetweet. Kadang suka ngga tahan buat ngungkapin sesuatu tapi itu yang suka bikin kagum, orang ini kok berani banget ya :)
Novia, waktu acara perpisahan

Novia, anak sastra arab dan gontor (sebut merk) saya pertama kagum dengan kehebatannya bicara depan umum, dia bisa mneghipnotis orang sepertinya. Yang jelas dia pintar. diluar itu awalnya saya pikir dia kaku, tapi ngga ternyata .__. sama aja kaya ibu-ibu yang lain yang suka ngga jelas. Tapi bisa dibilang lah Novia agak yang paling waras (masa?) Si ibu ini selain pintar juga rajin dan dewasa, pemikirannya luas dan terbuka deh, deket2 novia pokonya enak deh diajak curhat, galau, melow, gosip, ahhha

Terus ada 3 anak IKIP, Ela, Rifki dan Arman. Ela dan rifki itu couple yang ngga bisa dipisahin ntah kenapa. Satu ada yang lain ada, satu sakit yang lain juga ikutan sakit.___. Kalau Arman nggg dia itu sama kaya saya, anak gaul photoshop. Seringnya ngedit foto anak anak KKN, foto cowo jadi cewe trus diganti nama korea aneh gitu -_-

Arman waktu program pembuatan kompos, posenya -_-
 the couple, Ela dan Rifki


ngga ada yang mau saya sampaikan lagi buat mereka, yang jelas i love them and ill treasure them :)

No comments:

Post a Comment