Tuesday, August 14, 2012

Review of KKN

sebelumnya >> KKN, an introduction

Karena judulnya KKN, pastinya kami melakukan banyak program di Desa Kesik. Nah, saya akan jabarkan beberapa program yang dikerjakan Unit 51A, khususnya subunit 3.

1. Penyuluhan dan Sosialisasi

Kami unit 51A melakukan banyak penyuluhan, seperti penyuluhan biogas, kompos, peternakan, sosialisasi beasiswa, sosialisasi ke pak kades, penyuluhan kesehatan dan reproduksi, penyuluhan pembuatan rpp dll. Lalu selain penyuluhan ada satu program yang menjadi followup dr penyluhan kompos, yaitu pembuatan kompos.

Penyuluhan peternakan dan kompos oleh Sub Unit 2

Sosialisasi beasiswanya Novia (subunit3)

2. Pembuatan Infrastruktur Desa

Ada pembuatan bak sampah, pengadaan tempat sampah, pembuatan plang penunjuk arah dan signage rumah kepala dusun.
Untuk sub-unit 3 alhamdulillah mendapat kemudahan jadi kita bisa membuat sendiri bak sampah yang ukurannya cukup besar di satu dusun dengan swadaya masyarakat, sedangkan di dusun lain sama seperti kelompok lain, kita menyediakan deker beton.

Deker Beton, yang kita cat biru dan kita beri identitas KKN.

Proses pembuatan bak sampah di Dusun Punik Agung

Foto bersama setelah bak sampahnya jadi :)


Plang Rumah 11 keKadusan dari 3 subunit.

Proses pemasangan petunjuk arah

3. Bekerja di Sekolah.

Karena subunit 3 kedapatan tema pendidikan, jadi setiap hari kita harus naik ke SD02 untuk kerja disana, karena kita tinggal di SD01. Dan ini bagian yang paling berkesan karena setiap hari kita melakukan kegiatan di SD 2. Jadi kalo pagi kita ngajar, sorenya ada bimbel. Dan ngajar nya ini ngga asal masuk aja, tapi kita udah dikasih jadwal tetap sama pak kepsek, jadi bener bener jadi guru yang megang satu kelas. Kalau saya kedapetan ngajar Bahasa Inggris kelas 3, 4 sama SBK kelas 1, 2.
Kalau sorenya ada bimbel tari bali sama di devi, bahasa inggris, bahasa jepang (si pray), bahasa arab (novia) komputer (fea) dan di SD1 saya rain buat bimbel menggambar.

Selain ngajar dan bimbel, kita punya banyak kegiatan lain bersama anak SD2, ada aksi gigi dan tangan sehat, pramuka, program outbond, pembuatan mading bersama, penanaman toga, dll.

Saya dan di Haris, mau saya bungkus, karena obsesi saya punya adik cowo :"((



Kegiatan pramuka.

foto habis outbond

Tim mading dan bola

Habis aksi gigi dan tangan sehat

Saya merasa cocok dengan tempat kerja saya disana, sampai saya merasa dekat dengan adik2 disana dan menganggap mereka adik saya sendiri , walaupun cuma beberapa anak ngga semuanya, haha. Pernah waktu itu saya lagi kangen2nya sama mereka karn hari itu ngga ada jadwal ngajar, sorenya saya bela2in kesana cuma demi liat muka mereka :')

kalau sekarang, adik adik masih suka ngubungin kami lewat sms dgn nanya kabar kita, huhuhu soalnya sblm kita pulang mrk pada mintain nomor kita, udah kaya artis deh haha._.

4.  Gebyar Ramadhan Kesik

Ini sebenernya program unit yang digawangi subnit 3 tp kenapa saya buat thread spesial, karena saya adalah ketua pelaksana program yang cukup besar ini :D haha.

semua program alhamdulillah sukses, kecuali bagian sambutan ketua panitianya. lombanya macem macem, ada mewarnai (saya sendiri yg pegang) lomba menggambar, lomba baca puisi, lomba LCC, dan kejuaraan bola. seharian hari itu, capek, menyenangkan, dan haru pada akhirnya. hmm ntah rasanya campur aduk karena tau ngga lama lagi kita bakal pisah satu sama lain.

dokumentasi:

suasana saat registrasi peserta


ini waktu adik adik peserta yang nunggu lomba :)

saya dan kekacauan :'(

hadiah yg ngga seberapa buat juara lomba

yang ini pasukan lomba mewarnai saya


banyak yg nangis karena takut waktu lomba._.

foto habis LCC

panitia pertandingan bola

lomba bola

deg degan nunggu pengumuman lomba


last, juara lomba bola, congrats!


saya ketua penyelenggara sih ngga ada apa apa nya dibandingkan kehebatan super team ini ! yey!

bonus : subunit 3 <3 font="font">

setelahnya >> PART 1 Daily Life of 51A

No comments:

Post a Comment