Tuesday, August 14, 2012

Daily Habit from 51A


Habis bicara tentang program, saya akan bahas tentang daily life Unit 51A selama tepat 1 bulan KKN kemarin, dari 11 Juli-11 Agustus.

Ada beberapa hal yang bakal saya kangenin dr Lombok, Desa Kesik dan Unit 51A. Sebagian besar mengutip dari video dokumetari KKN Unit 51A (akan saya publish menyusul) yang dibuat oleh saya sendiri juga devi dan fea, 

1. Pondokan

Kalau Unit lain yang di area jawa pastinya tempat tinggalnya dipisah tiap subunit, dan kalau di luar jawa sebagian ada yg digabung, unit 51A termsuk yg satu unit digabung dalam satu pondokan. Dan kita kedapetan sekolah SD 1 Kesik jadi pondokan, yaitu berupa bangunan bekas musola atau lebih tepat kalo dibilang gudang._. Ukurannya krg lebih 5x8 kita bagi 2 untuk 8cowo dan 11cewe yang dipisah pake papan2 yang diikat rafia dan ditutup bekas spanduk. 3 orang dr kami Agin, Kwido dan Damar yang udah duluan smp lokasi yang udah nyiapin itu semua.

pondokan begitu kita sampai

kamar cewe

pondokan saat kita tinggal

H+3 ini saya masih terus kebayang bayang suasana pondokan yang tiap hari selalu berisik, anget, dan nyimpen banyak banget cerita. aaaaah ! ><

2. Makan dan masak bareng.

Agak beda dari unit2 lain yang kalo makan itu mesen atau beli, kita punya piket masak dan piket bersih2 setiap hari. waktu sebelum puasa, piket masak harus nyiapin makan pagi dan malam, buat puasa, krn gasanggup bangun, sahurnya kita mesen ke Bu Nur, penjaga sekolah dan buat bukanya baru masak. Biasa seharian si piket masak itu ngabisin waktunya buat masak smp2 ngga ikut program demi ngasih makan satu unit hahaha. saya sih cuma hobi ngabisin makan, soal masak ikut2an aja, maaf yaa buat hari rabu makananya kalo ngga terlalu spesial :p

selain makan pokok, taulah kalo cowo dan ternyata cewe2 unit 51A pada doyan makan, haha jd kita suka masak tengah malam atau kalo ada yg habis dr selong atau mataram nitip makanan, dan itu slalu terjadi setiap malam, ada ritual makan dan masak tengah malam :'D gw gatau naik berapa kilo, tp yg pasti badan gw tetp kecil ._.

ruang makan

suasana dapur

seiring waktu, tempat makan berpindah di depan pondokan, 
gelar tiker dan makan sama sama disana

kalo makanan khasnya lombok atau jajanan favoritnya unit51A itu cilok, bakso yang isinya ada telur, udang, dll. walaupun smbelnya pedes dan yakin ngga sehat bgt krn pk pewarna gitu, kita tetep favorit makan cilok! hidup cilok !


selain cilok kita sering makan plecing, juga pernah beli nasi puyung yg ngga nahan bgt pedesnya, trus ayam taliwang. karena kita masak sih jd kekurangannya kita jarang makan makanan khas lombok, paling kalo tahlilan atau acara makan sm warga aja, sering makan semur daging pedes gitu, plecing, pernah juga makan soto lombok, dll

Kalau malem, biasanya disajiin kopi lombok, saya pernah minum di beberapa tempat tapi baru ngeh setelah di rumah Bu Fin, ibu PKK kalo kopi lombok itu ternyata emang enak banget :))

kalo jajanan pabrik khasnya unit 51A itu, menurut gw, oreo soft cake ! laris bgt diincer selama masa KKN, huhuhu

3. Mainan

Selain ngobrol becanda, kalau waktu kosong biasanya yang cowo tuh main xboxnya Reyner, atau ngga yg paling ngetrend tuh main capsa. sampe sampe kita berniat buat kartu remi yg gambarnya unit51A hahaha amin dan wajib terlaksana :))

trus cewenya pernah juga saking stresnya main capsa pake duit, hahaha !

mainan xbox dan capsa ini sebenernya menimbulkan banyak pertikaian :/ hehe kalo malem cowo2 yg emg gabisa tidur cepet masih main dan teriak2an ribut smp jam 2an dan itu ngebikin cewe2nya bete' (khas qori) krn gabisa tidur, tp dasar cowo2 unit51A pd gada yg peka (kata devi) tetep aja berisik jd cwe2 itu pd tidur pk headset smbil nyumpah nyumpah haha. kalo gw sendiri malah nggabisa kl tidur dlm keadaan sepi, jd seneng kl kmr sblh masih rame :D main capsa juga suka bikin ribut, terutama gw yg suka langgar jam malem ampe diusir sm mba tdutdi (khas daman) dr kamar cewe aaaah ill miss that moment..

tv + xbox reyner yg dilatari papan tulis berisi jadwal piket

capsa mania

4. Kata/kalimat ngetrend

Ngg trendsetternya sih dari satu orang tapi ngefeknya ke satu unit. hahaha kaya dr awal semua kalimat diakhir dengan bro, itu asal muasalnya dari cowo2 yg habis nanya tentang parabola dan mas penjualnya selalu blg bro diakir kalimat, sampe sekarang masih bero bero an, kalo cewe ditambah jadi mba bro .____.

trus ada lagi kalimat nyebelin yg mungkin udah terbesar di lingkup nasional yaitu "trus gw harus bilang waaaaaw gitu?" dengan tampang super nyebelin -_-
ada juga, kalau ada yang minta sesuatu dijawab dengan, " mau banget mau aja?" -__-
trus dari rain yg asal muasalnya dr kata "wanda"nya cirikhas anak arsi, jd kalau ada yg nanya sesuatu, jawabannya, " wah nda tau saya/ wanda saya, orang baru saya..." -___- super nyebelin kalau emg lagi serius dan djawab gitu.

kalau dari si tina, anak ikip yang paling dekat dengan kita, adalah banyak kata, dari "pretogether" entah tulisannya kaya apa, smp skrg blm paham maknanya "pret" atau "pray" together, mbuh gataulah -_- trus tina juga serg blg  "main-main" dengan logat ketimurannya dia, haha miss you Tina with the girls :))

trus kalo lagi butuh momen privat antara kami, seperti mereka juga kalau mau ngomong rahasia pake bahasa sasak, kita pake bahasa G, sampe sampe anak ikip harus belajar bahasa G ! hagahagahagahaga :DD

-bersambung
>> PART2 Daily Life 51A 

No comments:

Post a Comment