Saturday, January 15, 2011

How to Draw GAMBAR KERJA

Gambar kerja ialah sejenis gambar gambar untuk dikerjakan (?)
Maksudnya gambar-gambar itu yg nantinya dipakai buat ngeguide kontraktor buat membuat sesuatu.
Gambar kerja biasanya identik dengan Arsitektur, tp ngga hanya Arsitektur saja sih, tapi kebanyakan anak teknik juga familiar dengan kerjaan satu ini.

Gambar kerja di gambar di kertas kalkir dgn menggunakan tinta. Berikut ialah apa saja yang anda butuhkan untuk membuat gambar kerja, berikut infonyaa:
  1. Kertas kalkir, kertasnya punya macemmacem jenis dan harga. kebetulan yang kemarin saya pakai merk Diamant yg 60gram seharga 60ribuan segulung itu panjangnya kalo gasalah 1m x 10m
  2. Rapidograph, merk dan harganya juga macem2. punya saya merk rotring belinya satu paket isi 3; 0,2 0,3 0,5 plus penggaris, tinta, jangga, pensil dan penghapus. seharga sekitar 450rban. mending kl beli rapido gausah terlalu banyak. 3 macem itu aja udah cukup 0,1 atau 0,2. 0,3 sama 0,5.
Photo0178


Tips pake rapido : 
  • Jangan kelamaan dibuka ntar rapidonya kering. 
  • Jangan ketiduran atau meleng kalo lagi pake rapido karena ntar bakal nyebabin rapido itu jatuh ke lantai yang keras dengan mata terbuka (tanpa tutup) dan taulah apa yang terjadi, MATI sudah rapido anda. Seperti yg sudah terjadi kepada banyak teman-teman saya yg telah didahului oleh rapido kesayangan mereka (yang mahal) tersebut. Punya saya, Alhamdulillah belum mati, baru koma, matanya ga patah, cuma ngadet yang 0,2.
  • Tips lain klo udah lama gadipake, dan tiba-tiba macet rapidonya, coba di bersihin pake air, di rendem pake air, lebih bagus lagi jika menggunakan air hangat, biarkan sampai kering, baru coba dipakai lagi. 
  • Pake rapido sudut kemiringannya juga ngaruh. dia bakal bagus keluar tintanya kalo diberdiriin , ga dimiringin waktu makenya. 
  • Kalo tinta rapido ngadet kocok-kocok jgn vertikal, tapi pake kocokan horizontal. (aseek)
3. Penggaris merk bagus. merk berpengaruh loo. punya saya serba merk rotring. Jadi penggaris pun rotring! panjangnya lbh baik gausah terlalu panjang ataupun terlalu pendek, 40 cm cukup. kalo mau pake yg segitiga rotring atau penggaris bonus paket rapidorotring juga bisa.


Photo0184
Cara pake pnggarisnya juga ada sendiri. Kalo pake rapido dengan penggaris, pake sisi yang gada angkanya yang buat ngegaris, pokonya sisi yg melayang , supaya ntar sisa tintanya ga berantakin kalkir..
Photo0173
sisi di pake yang seberanganya yg gada angka

4. Kalo kalian pikir pake kalkir harus hati-hati untuk tidak salah sedikitpun, JANGAN TAKUT ?! JANGAN RAGU! karena tinta kalkir bisa kooo dihapus. wlpun ngga terlalu bersih dan resikonya tinggi bisa nyebabin kalkir bolong bahkan sobek ! haha
yaitu pake penghapus rapido merk rotring, atau bisa juga pake silet atau baby lotion . tgl kalian pilih.
Photo0182
Penghapusnya bagian kuning yg dipake. buat ngapus kalo nagpusnya lama dan denga niat yg tulus dan hati-hati bisa ko jadi bersiih, tipsnya ngapusnya kalo tintanya udah kering, jgn masih basah langsung dihapus. Tp kalo salanhya terlalu besar dan banyak, yaaah mending ulang aja deh ._. (jleb)

Kalo pake silet. ya dikerik dgn hati-hati. keunggulannya kalo salah banyak bisa pake ini. Tp kelemahannya kalo ga expert ya kertasnya akan BOLONG ! cobacoba aja dulu latihan supaya expert  ^^"
Kalo pake bebihlotion tgl diusap pelan-pelan kebagian yg salah, tp harus hati-hati, jgn kebanyakan juga. kelemahanya ntar warnanya jd aga beda gitu deh

5. Cutter dan selotape. Gunanya selotape buat nahan kalkir ke meja supaya ngga goyang-goyang atau melengkung. Oia.. kalkir itu bisa ngembang loooh jd hati-hati jangan sampai dia kepanasan atau kedinginan. Kalo cutter gunanya buat motong kalkir, kalo kalian terlalu miskin sebagai mahasiswa yang suka membuat gambar kerja untuk membeli kalkir bukan gulungan yang harganya lebih mahal, atau males motong gulungan kalkir ke tukang potong, ya beli kalkir gulungan dan potong sendiri.
Photo0183

6. Yang terakhir tisuu buat ngelap-ngelap tinta rapido yg suka autis keluar sendiri. ahhahah
Photo0179

Nahhh sudah itu aja kayanya :) Ini bonus foto mejakerja saya. (meja belajar kos, karena gapunya meja gambar)

Photo0093

hahaahahah.
HAPPY drawingggggggggggg.
#inmemorySK32010

5 comments:

  1. wah, emang bisa ya pakek baby lotion ?
    tak cobanya tar, happy drawing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru dibalas, iya bisa udah dicoba tapi harus hati2 usapnya, trus kl pake baby lotion kekurangannya ntar emang aga jadi beda sedikit sih warna kalkirnya, tp bisa ko ^^

      Delete
  2. he..he..jadi inget waktu msh mahasiswa dulu..meja makan dibalik jadi meja gambar..he2

    ReplyDelete
  3. Mau tanya, rapidoku yang 0.2 itu macet. Trus kan saya cuci dan saya nunggu kering selama 1 mingguan. Tapi setelah saya isi tinta lagi tetep aja macet. Gimana itu ya? Mohon solusinya πŸ˜ŠπŸ™

    ReplyDelete