Saturday, April 16, 2011

Dusun Shelter Sudimoro Muntilan

Jadi, satu minggu lalu, tepatnya tgl 11 April 2011 Arsitektur UGM 2009 kuliah lapangan bersama Bp Ir. pradipto mengunjungi sebuah dusun shelter korban lahar dingin merapi di Muntilan, Jawa Tengah. Tepatnya di Dusun Sudimoro. Dusun shelter terbangun atas kerjasama dr UGM, GP Ansor dan masyarakat sekitar, tp saat itu sm p skrg masih dalam proses pembangunan, wlpun sudah ditempati oleh pengungsi. Ceritanya sh pak Pradip mau ngasi tau kita tentang konstruksi bambu dll, tp kan knp ngga dari dulu pas masa kita buat bangunan kayu bambu, knp harus skrg saat kita dpt tugas buat bangnan beton? =o= emg si bapak ini suka aga ngga jelas, tp saya kagum sm beliau, krn hasil karyanya yg biasanya kayu bambu itu selalu inovatif, kreatif,  inspiratif, atraktif, kolektif, nonaktif? (haaa?) ;o

Photo0412photo0414

model rumah shelternya. 2tingkat ada ruang tamu (serambi)  kamar 3 buah 2 diabawah dan 1 diatas, ruang serbaguna (ruang keluarga) , sama semcam dapur di bag belakang. semua bahannya dr bambu lantai, dinding, jendela, pntu, atap (ditutup seng), smp engsel pintu jendela juga terbuat dr bambu. untuk kaca memakai bahan sejenis PVC.

model foto1 : Dewi, Rendy, Bunga, Iffa.   foto2: Rendy (sitampan dr melayu)

photo0418photo0421

trus aku ska sama desain jalanannya. kan lahannya sawah. makanya semua dibuat panggung, mulai dr rumah, smp jalan setapaknya juga. Kalo buat pondasi (gmbr kanan) pake sistem jaman dulu kolom bambunya ditaruh aja diatas pondasi batu, tanpa sambungan. supaya fleksibel kl ada gempa.

photo0431photo0429

Jenis bambu digunakan, kata sang arsiteknya ialah bambu apus dan bambu petung. bambu petung itu sebagai kolom yang besar besar diameternya bisa 15-20cm. kl bambu petung ini mau disambung didlmnya tgl dimasukin bambu yg lbh kecil sbg kunci. kalau bambu apus jenis bambu yg ukurannya lbh kecil.

gmbr kiri itu menara air bambu. gmbr kanan konstruksi musola (dlm tahap pembangunan)

photo0432 

ini rumah2nya diliat dr bagian belakang. oia buat teknik sambungan antar bambunya sema pake mur pen atau paku supaya pembuatannya lbh praktis dan cepat.

 photo0436photo0437photo0440photo0446

ini foto2 lainnya. ada kamar mandi (foto kanan atas) untuk sehari2 mereka mandi cuci kakus di empang, krn kmr mandi tsb blm jadi. nantinya juga sudah jadi dpt digunakan untuk mandi dan cuci sedangkan kegiatan kakus ttp dilakukan di empang atau wc umum.

photo0422dan ini loh sang arsitek, dosen Struktur dan Konstruksi saya jaman semester 1-2 dulu, pak Ir. Pradipto, gelar lainnya gaapal ;p yang marah2 waktu ketahuan saya ambil gmbrnya. ben. orang suka iseng diisengin balik. hahaha Open-mouthed smileDD

photo0433

oia, sblm pulang saya sendiri sempat berbincang hangat dgn salah satu penduduk dusun shelter ini. seorang ibu-ibu yang belum terlalu tua. ia sih mengaku nyaman dan betah tinggal di dusun ini. dia tinggal hanya dengan suaminya, sedangkan anak anaknya dibawa oleh anggota keluarganya yg lain Sad smile untuk kehidupan sehari2 suaminya bertani di lahan mereka yg tdk terkena dampak merapi, pdhl dulunya mereka berternak, namun seluruh ternaknya lenyap akibat merapi. Sad smile tp ibu ini memang kelihatan betahbetah aja tinggal disitu. tiap harinya kalau untuk makan kurang biasanya selalu ada donatur yg memberi makan penduduk dusun ini , jd si ibu memang masih merasa bergantung pd org lain. oia dlm shelternya cuma ada fasilitas rak baju sm dikasi kompor.

begitu sajalah kuranglebihnya apa yg bisa saya tangkap dr kuliah lapangan kemarin. kita smw berterimakasih sm pnduduk dn relawan krn pas pulang malah kita yg dikasi makanan, bakwan atau ote ote, sama teh panass. wuih mantep!

photo0426 copy

 

 

tikalarask. sekian ! ;D

No comments:

Post a Comment