Friday, November 18, 2011

gudeg gudeg gudeg , makanan khas jogja

2,5 tahun tinggal dijogja, dari dulu pgn bgt ngepost tentang beberapa hal khas jogja, makanan, tempat wisata, kebiasaan, dll, tp baru ini kesempetan :D karena td baru aja kesampean lg makan gudeg ceker jd pengen nulis tentang gudeg.

yup, gudeg adalah makanan manis khas Jogjakarta. biasanya selain pake nasi lauknya ada ceker , ayam suir, telor, ayam utuh, sayur tempe, dll

ada 3 tempat makan gudeg terkenal di jogja yang biasa dan pernah saya makan, dan semuanya saya rate enak! ^^b

pertama, gudeg bu ahmad, ini yg plg sering saya kunjungi karena deket kos, letaknya di perempatan selokan mataram jalan kaliurang, kl dari selatan (dari alunalun) , belok kanan di selokan. ngga jauh dr perempatan ada gudeg bu ahmad. buka pagi-malam; tempat : di dalam ruko, *ada tvnya.

seporsi gudeg paket8, photo from http://gaphebercerita.blogspot.com

photo from http://gracetravelingdiary.blogspot.com

kedua, gudeg ceker seturan, letaknya di jalan seturan, depan kolam renang salsabila dan martabak ufo. gudeg ceker ini aga pedes dikit tp gudegnya tetep manis ko, enaknya disini ya ada tambahan menu cekernya, harganya juga bisa terbilang murah dibanding gudeg lain loh.

Ngocol.us

photo from: http://ngocol.us

menu yang td baru saja saya makan aga mirip dengan foto ini satu porsi gudeg- nasi, gudeg, krecek ditambah ceker dan ayam suwir, hanya 11rb saja :) bukanya mulai sore-malam ; tempat : di tenda warna kuning, lesehan dan duduk.

ketiga, gudeg pawon, saya baru sekali kesana, gudeg ini terkenal krn konsepnya yg unik , pawon artinya dapur, dan pembelinya memang langsung masuk ke pawonnya untuk mendapat gudeg, bukanya pun dari jam 12 malam dan jam 1-2 sudah habis.

photo from http://www.krjogja.com

soal rasanya enak, tp harganya aga diatas sedikit kalo ngga salah, dan porsinya ngga terlalu banyak. letaknya di jalan janturan (selatan jalan kusumanegara) dekat UAD dan UTY. kl dari arah alun-alun (sayidan) di jalan kusumanegara belok kanan ke jalan janturan. tempat : pawon rumah simbah , lesehan di sekitar rumah

seporsi gudeg di gudeg pawon, photo from  http://bimo.sabak.org

hmmm mungkin segitu aja , krn emg cuma pernah 3 tmpt ini aja yg terkenal yg pernah dikunjungi haha :D lain kali bakal berjelajah gudeg2 terkenal lain, karena masih banyaaaak tempat gudeg terkenal yg belum dijamah :"(

ayo makan gudeg ! ayo ke jogja ! Winking smile

No comments:

Post a Comment