Wednesday, June 13, 2012

Studio Tematik 1

Salam.
Lama ngga share tentang studio secara detil, terakhir nyinggung studio di postingan masa habis Kerja Praktek dan cuma secuil.

Jadi hari ini, hari senin, kelompok saya display lagi bersama dosen kami Pak Sarwadi, tepatnya display revisi, karena seminggu lalu yang memang merupakan hari display yang asli dosen kami ini hanya memberi masukan dan kritik.

Alhasil dalam waktu seminggu harus revisi desain + poster dan buat maket.

Karena sakit gigi dan alergi di hari senin dan selasa, saya baru bisa mulai revisi poster rabu. dan buat maket hari kamis. prosesi display studio kali ini mungkin yang terseru, karena baru kali ini buat maket studio berjamaah bareng bunga, dimas, juga dito, fahmoy, rendy, ceri, reza. dan dikerjain di kampus smp kampus tutup, dan jadi banyak bala bantuan, makasih ribas buat potosopan posternya, makasih wita, boni, juga rain, fattah, iffa dll.

Nah, buat kalian, ini desain Studio Tematik 1 saya yang bertema taman edukasi pinggir sungai lahar dingin dengan kondisi tanah rusak berpasir di kawasan SMKN 1 Salam, Muntilan. Sebenarnya judul asli temanya bukan itu, ada yg lebih singkat. haha ._.

cover

the old aerial view



the new siteplan and aerial view


3d image of the ricefield and restaurant

3d image of the livestock

3d image of the lobby and gallery

3d image of the fishery

3d image of the fishery (photoshoped by ribas)

3d image (aerial) of the livestock

3d image (aerial) of the ricefield and restaurant

sebenarnya bukan gambar2 diatas yang jadi intinya, hasil akhir tematik ini adalah poster2 yg berisi analisis analisis yang memperkuat desain, konsep yang bisa menyelesaikan masalah dari tema yang diangkat dan desain yang sesuai dengan konsep dan analisis.

tapi saya belum bisa share posternya, jd hanya gambar2 desainnya dulu yaa :)

kalau tema spesifik saya, taman edukasi dan konservasi dengan konsep Twirl! yang artinya putaran, cuma ungkapan aja dari integrated farming yang juga merupakan inti dari Salam Park ini.

jadi integrated farmingnya dibuat menjadi bahan yang dijual untuk edukasi sekaligus konservasi pada Salam Park. integrated farmingnya meliputi smkn salam, perkebunan salak, peternakan, biodigester, pengolahan makanan, perikanan , pertanian dan perkebunan yang semuanya dibuat saling berintegrasi. karena twirl, jalur wisatanya pun dibuat berputar putar dengan spot edukasi tiap zona tersebut. konsrvasi menjadi bahan pembelajran juga karena tanah dan air juga udara di salam park dikonservasi dengan berbagai cara.

sebenarnya lebih enak tinggal baca posternya aja sih, ditunggu saja deh yaa :')


maket saya

saya sehabis display


happy tematik !

2 comments: