Tuesday, September 7, 2010

Kenyamanan Thermal : UNFINISHED HOUSE

Saya akan mencoba mengisi setidaknya satu hal yang berguna di blog saya ini, *hehe*

Ini adalah hasil analisis kenyamanan thermal saya terhadap sebuah rumah yang berkonsep: UNFINISHED HOUSE

Sebenernya ini itu tugas buat poster A3 yg isinya analisis terhadap satu bangunan, ini hasil poster saya (yang keliatan ga kaya poster) :



Rumah ini konsepnya terbuka, pusat utamanya itu adalah innercourt nya. jadi setiap ruang yang ada dirumah ini berhubungan sama halaman luar.. ruang ruang publiknya bener2 kebuka semua, jadi rumahnya tuh adem dan sejuk banget (kelihatannya, dan kenyataan yakin juga pasti seperti itu :D).

Sebelumnya rumah ini didesain sm arsitek lokal : Denny Gondo. rumahnya adanya di daerah BSD, Tangsel. dan saya analisis ini cuma berbekal dari foto foto dari majalah iDEA tahun 2005 dibantu dgn ilmu ilmu dr majalah serial RUMAH.

Jendela
menggunakan engsel pivot, model ini lebih bisa memasukan angin drpd model jendela lain, dan juga bisa diatur arah anginnya sesuai kemauan kita..

Ventilasi
kita bisa menambah ventilasi diatas jendela atau pintu, ventilasi diatas itu fungsinya buat ngeluarin udara panas dalam ruang. kalo takut serangga masuk, bisa ditambah kasa.

Dinding
dinding bisa dibuat semi terbuka, kaya partisi di ruang keluarga rumah ini, jd angin tetep bisa lewat ke ruang sebelahnya dan juga sekalian bisa misahin ruangan.

Plafon
kalo mau rumahnya adem, kita harus punya plafon minimal 3 meter, kalo mau lebih dingin lagi plafon ngikutin kemiringan atap, jadi jarak ke lantai lebih luas, panas yang masuk dr atap didinginin dulu diatas. nah, dirumah ini plafonnya dari dak beton, walaupun lebih mahal, tapi ini nyaman bgt, sama aja kaya rumah dua lantai, lantai pertama bakal lebih sejuk drpd lantai dua krn lantai pertama atapnya dak beton. bahan yang masif kaya dak beton ini ngebuat panas gabisa masuk kedalam ruang.




Kemiringan atap
ini mempengaruhi bgt panas yg masuk, krn semakin landai atap, makin dekat jarak ke ruangan, jd panas semakin cepat masuk. nah rumah ini wlpun plafonnya udah dak beton, tapi atapnya juga tinggi bgt, curam gitu nah, jadinya jarak sama plafon juga jauh. jadinya ruang dibawahnya pasti bakal ademmmm bgt.

Bahan alami
dgn menggunakan bahan alami, juga bisa mengurangi panas. di rumah ini banyak pake kayu dolken buat rangka atap sama dinding.

Teras dan Teritisan
angin bakal gerak dr yg tekanannya tinggi ke tekanan rendah, jd kita harus buat keadaan diluar ruang lebih tinggi tekanannya. salah dua caranya dgn buat teras dpn ruang dan buat teritisan. udara panas bakal didinginin dulu di situ. teritisan juga berguna buat menghalau cahaya panas masuk langsng ke dlm rumah, juga mencegah percikan air hujan.

Warna terang
bakal memantulkan panas, dan warna gelap bakal menyerap panas, sma kaya kalo kita pake baju.




sekian.
sampai jumpa di report saya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment