Saturday, July 24, 2010

Architect - Kampung Naga & PVJ - Tour

Tanggal 29 Juni sampai 2 Juli kemarin, Arsi09 kuliah lapangan ke kampung naga.

Naik bis kira2 10jaman dari Jogjakarta.
-Curhat sesi-
Dan kalian taulah, gw pemabuk, mabuk darat. Gw duduk bertiga ama yuni dan ifa. Jam 2mlm, terjadilah tragedi itu. gw blg gw mau muntah.. trus iffa nyariin plastik, gw pegang plastiknya. dan bnr aja galama, muntah gw keluar, semua yg diperut gw naik keatas. smw org lg tidur untungnya. part1 gw ngabisin 3plastik. trus gw masih ngerasa perut gw masi ada isinya, akhirnya terjadilah part2.haha. pokonya makasi banyak yuni ma iffa. dohdohh
-Curhat sesi selesai-

Kampungnaga letaknya di desa Neglasari, kec Salawu, kab Tasikmalaya, Jawa Barat.
kampung ini merupakan tmp kunjungan wisata super tradisional, krn kampung ini terisolir, masih tradisional bgt smwnya, bangunan, adat, cara hidup, gada listrik, banyak tabu,dll

Jumlah bangunanya cuma 113 buah, terdiri dari:  110 rumah dan 3 masjid, bale patamon (balai pertemuan), leuid (lumbung). Jumlah penduduknya 314 jiwa. (gw lupa antara rumah atau penduduknya yg gaboleh kebanyakan.)

Dari tmp parkir ke lokasi, harus lwt tangga turun ratusan anak tangga (kalo gasalah 300an anak tangga, gw ga kebayang naiknya pas pulang ntar)

Bangunanya khas bgt. rumah panggung, luasnya hampir sm semua, rumahnya kebanyakan 5x6 plg besar 6x9 m2. manjang timur-barat, ngadep utara-selatan, smlah ky umumnya, tp mrk gtu krn ada filosofinya. atapnya dr rumbia,daun kering,sama ijuk. trus diatapnya suka ada silangan untuk penguat. kt kepala desanya, bangunan adat gini yg masi tradisional malah thn gempa, gapernah pas gempa tuh ada yg ancur. padahal panggung rumahnya cuma ditahan sama batu besar, gada pondasi yg ditanam dibwh tanah. Subhanallah bgt amazing!

rumah , jalan sekaligus selokan, rumah

salah satu rumah di kampung naga, ada iffanya
kamar mandi dan empang


kamar mandi umum model:rain lg mandi
di dlm kamarmandi umum. bisa kebayang ga mandi disana?


tika dan nyit lagi ngerjain tugas dpn rumah sementara tika, syg tugasnya lupa diabadikan

foto bareng ibu pemilik rumah yg masakannya enak tenan.apalagi sambelnya.

perjalanan pulang setelah 2hari semalem di kpnaga. tangganya ga nahan!

oia, di kampung naga juga ada hutan keramat/terlarang yang gaboleh dimasuki sama siapapun, tabu bgt, bahkan buat kepala sukunya sekalipun. kalo mrk punya adat ky gtu, dan org2 mikir "ah tahayul", yah boleh2 aja katanya. tp sebenernya klo diliat logisnya juga masuk akal. krn hutan tsb letaknya sblh sungai, hutan itu buat ngejaga desa tsb, yg ngendaliin air hujan, supaya ga banjir, dan longsor juga kan? makanya gaboleh ada yg masuk supaya gada yg nebang. hmm jd filosofi2 adat gtu sebenernya emang ada logisnya juga.

abis itu kita kebandung ke museum kaa (dr tk,sd,smp,sma,eh kuliah juga ke kaa teruss), ciwalk, terus malemnya pada pulang ke jogja, sementara gw dijemput masangga,ibu,uyuy pulang ke Bekasi haha. selamat naik bis 12jam lebih. gw pulang ke Bekasiiii.
welcome home:D

No comments:

Post a Comment