Sunday, January 13, 2013

an introvert house for a hyper friend

ini untuk teman saya reyner iqbal. saat berjalan jalan ke tamansari cukup mengejutkan saat dia berkata kepada saya yang calon arsitek, kalau dia menginginkan sebuah rumah mirip seperti di tamansari. makanya saya beri judul introvert house, karena dari deskripsinya, ia ingin rumah yang tertutup, terbuat dari terracotta (tanah liat) khas amerika latin, lalu juga merupakan rumah yang sederhana, satu lantaipun cukup namun bisa dikembangkan di masa depan, rumah yang memiliki suasana intim, sedikit misterius namun tenang, juga hangat di dalamnya.

oleh karena itu, karena ini cukup menarik untuk saya, saya jadi googling sebentar mengenai terracotta house dan menemukan beberapa preseden (alternatif/referensi desain) yang menurut saya menarik, sesuai dengan keinginannya, namun juga menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

http://piecesandmelodies.files.wordpress.com/2011/06/antonino-cardillo-architect-purple-house-pembrokeshire.jpg?w=594

walaupun desain ini bukan dari material tanah liat, namun interior dan suasananya bisa mencerminkan keinginan teman saya, dan juga cocok diterapkan pada material terracotta.

http://inhabitat.comRyntovt Design – Clay Reed Wood Friend Hotel

desain yang ini merupakan hotel yang terbuat dari clay (tanah liat) dan juga reed wood. namun menurut saya untuk desain kamarnya terlalu sederhana, masih perlu dikembangkan lagi untuk keinginan teman saya.

ini masih desain yang sama, but I totally love it ! perpaduan clay dan reedwood pd interiornya menurut saya sangat alami. dan ventilasi lingkaran pada plafon juga menarik.

 

kalau yang ini eksteriornya, hhmm a little funny for me but still very artistic.

lalu ada juga housing yang terdiri dr 9 rumah yg dindingnya difurnish dengan loam (tanah liat/lempung)

mereka menyebutnya green houses, yang dibangun dengan interpretasi lingkungan dan ekologi.

saya lumayan suka, hanya kurang suka dengan warna putihnya. akan lebih natural jika menggunakan warna asli tanah liat.

tapi untuk entrancenya, saya suka sekali, dan saya rasa teman saya pasti juga menyukainya.

dan sedikit browsing kali ini mengenai terracotta/clay/loam house ini saya jadi berfikir mengapa jarang yg menggunakan tanah liat untuk menggantikan concrete dalam menciptakan bentuk yang dinamis. padahal saya rasa tanah liat merupakan material yang mudah dibentuk dan memiliki struktur yang kuat, jika terkena panaspun dia akan lebih kuat, dan karakternya juga sangat kuat. saya memang belum mengetahui banyak mengenai material ini, saya masih harus mempelajarinya lagi lebih dalam.

http://piecesandmelodies.files.wordpress.com/2011/06/antonino-cardillo-architect-concrete-moon-house-melbourne.jpg?w=594

hire me to build your dream house! for reyneriqbal : call me before dimas or rain pokoknya !

No comments:

Post a Comment