Friday, September 16, 2011

tugas besar studio arsitektur 04

tugas kecilnya yaitu galeri lukis, tapi datanya belum diabadikan, jadi langsung loncat aja ke tubes nya ya.

temanya itu : GREEN OFFICE. Yang dimaksud disini itu bukan kantor yang berwarna hijau atau banyak pohonnya ya, tapi green office disni ialah kantor yang semaksimal mungkin energi yang dipakai dlm kantor memanfaatkan energi alam yg telah tersedia. untuk mewujudkannya, desain bangunan kantor tersebut sangat mempengaruhi energi yang dipakai.

kita juga ngga bisa mendesain tanpa memikirkan budget, bukan berarti harus mendesain kantor super canggih dengan teknologi terkini untuk memanfaatkan energi alami, tapi dengan pendekatan desain yang memikirkan efisiensi energi juga bisa dilakukan.

dalam kantor yang saya desain ini, konsep greennya ingin memanfaatkan cahaya alami, udara alami, juga memberikan public space berupa taman hijau.



click image for original size*

untuk mewujudkannya, aplikasi desain yg plg utama ialah, saya memilih bentuk bangunan 1/4 lingkaran atau persegi panjang yang dilengkungkan agar memanjang utara/selatan namun tetap muka utamanya ke barat (jalan utama). bentuk ini saya rasa cukup sesuai dengan lokasi site (gmbr bawah). maksud dilengkungkan agar tidak smua bagian terkena cahaya barat timur, bag fasad juga jd terlihat menarik, dan tetap mempertahankan bentuk pipih/panjang utara selatan agar angin yang masuk maksimal. karena intensi saya dari awal ialah ingin agar kantor ini tidak menggunakan AC untuk sehari2nya.


beberapa green features dalam kantor ini :


sistem teras yang mengelilingi semua bangunan. terasan berfungsi sekaligus sebagai tritisan juga sunshading.
kaca buram atau low e glass yang digunakan pada jendela mati, sebagian daerah yang memungkinkan menggunakan jalusi kayu (udara alami bisa mengalir) , bagian dalam (interior) kebanyakn bukan berupa dinding, namun berupa jendela putar sehingga cahaya alami masuk maksimal juga dapat mengontrol angin yang masuk.menggunakan dak beton berinsulasi untuk atap, karena beton memiliki lagtime tinggi sehingga dapat menunda panas masuk ke dlm ruangan lebih lama, dominan warna putih agar panas dipantulkan, sehinggga panas yang masuk tidak berlebihan. 
Juga terdapat features berteknologi yang saat ini sedang tren seperti, taman biopori, roof garden, juga tangki air untuk menampung air hujan.





*click image for original size
maketnya maket kecil, yg gedenya maket struktur, 
krn kecil jd peyang2 gitu deh maketnya :(

desain saya ini dimaksudkan bangunan sama sekali tidak menggunakan AC, dalam aplikasi nyatanya mungkin bisa saja sirkulasi udara alaminya tercapai, namun jika adanya pengeluaran panas dalam ruangan yg berlebihan (seperti penggunaan komputer yg banyak atau orang yang menggunakan ruangan trlalu banyak) juga pastinya akan membutuhkan udara buatan tambahan, dan desain ini menjadi sia-sia karena ruangan akan menjadi panas dan sesak, jd mungkin juga dlm ruangannya terpasang AC yg dihidupkan hanya saat diperlukan.

yak, mungkin itu saja penjelasan tentang kantor saya ini, intinya sih,
jangan terlalu jauh memikirkan tg teknologi selagi cara cara konvensional atau umum bisa dipakai untuk memnuhi standar bangunan hijau.

terimakasih telah membaca sampai habis :)

No comments:

Post a Comment